Salin Artikel

Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Exit Tol Fungsional Karanganom Klaten

Tercatat ada sekitar 2.003 kendaraan yang keluar dari exit tol fungsional Karanganom pada hari ini selama empat jam.

Jumlah ini meningkat dari hari pertama dibuka pada 22 Desember 2023 sekitar 3.600 kendaraan.

Kapolres Klaten AKBP Warsono mengatakan ada peningkatan jumlah kendaraan yang keluar dari exit tol fungsional Karanganom sekitar 50 persen.

"Kita prediksi (hari ini) memang ada peningkatan sama besok (Minggu). Dalam kurun waktu 4 jam aja sudah 2.003 kendaraan. Jadi ada kenaikan 50 persen. Kemarin dari jam 6 pagi sampai sore ditutupnya jalur tol 3.600 kendaraan," kata Warsono saat tinjauan di exit tol fungsional Karanganom di Klaten, Jawa Tengah, Sabtu.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru terjadi hari ini dan besok.

"Kita prediksi hari ini sama besok (puncak arus mudik Nataru). Prediksi kami untuk lonjakan arus yang menuju arah Jogja kita prediksi hari ini sama besok," ungkap dia.

Warsono mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang keluar exit tol fungsional menuju jalan utama sehingga dilakukan pengaturan.

"Arah keluar menuju Jogja ini juga melintasi jalan utama kita lakukan pengaturan," jelas dia.

Sebelumnya, jalan tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer dibuka fungsional untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru mulai Jumat (22/12/2023) pukul 06.00 WIB.

"Sudah kita buka mulai hari ini tanggal 22 Desember tadi jam 6 pagi," kata Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Suchandra P Hutabarat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat.

Menurut Suchandra jalur fungsional Kartasura-Karanganom hanya dioperasikan satu arah, baik itu pada periode arus mudik maupun arus balik.

Untuk periode arus mudik dibuka mulai hari ini 22 Desember hingga 31 Desember 2023. Kemudian periode arus balik dimulai pada 1 Januari hingga 3 Januari 2024.

"Jadi untuk arus yang mudik ini satu arah menuju Jogja sampai dengan tanggal 31 Desember 2023. Kemudian nanti arus baliknya tanggal 1-3 Januari 2024 dari arah Karanganom-Kartasura," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/23/120740878/puncak-arus-mudik-natal-dan-tahun-baru-di-exit-tol-fungsional-karanganom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke