Salin Artikel

Dihantam Ombak 4 Meter, Tugboat Bintan Seroja 88 Karam di Perairan Anambas

Badan Pertolongan dan Pencarian Nasional (Basarnas) Natuna, mengungkapkan, Tugboat MMSI 525003369 berbendera Indonesia ini mulanya menarik tongkang yang memuat lima orang ABK.

“Tugboat ini (mengalami) kecelakaan pada koordinat 2° 58.993’N 105° 44.409’E sejauh 1 Nm dari Pantai dan pecah usai dihantam ombak besar,” kata Kepala Basarnas Natuna Abdul Rahman melalui pesan WhatsApp, Jumat (22/12/2023).

Abdul mengatakan, saat kejadian, cuaca di sekitar lokasi dengan turun hujan dengan intensitas ringan.

Namun tinggi gelombang mencapai empat meter dengan kecepatan angin 20 knots.

Untuk kelima ABK, sebelumnya sempat dinyatakan hilang. Selanjutnya tim SAR Pos Anambas melakukan penyisiran dan lima ABK ditemukan selamat.

“Alhamdulillah keseluruhannya ditemukan selamat, namun dua orang dalam kondisi sangat lemas,” ungkap Abdul.

Dari kelima ABK kapal tersebut, satu orang ditemukan di bibir pantai, dua orang ditemukan pinggiran tongkang, dan dua lainnya sudah berada di atas tongkang.

“Jadi ketika Tim SAR Gabungan berhasil menjangkau tongkang itu, sudah ada empat orang survival di sana, termasuk dua orang yang awalnya kami cari bersama dua orang lainnya yang kami ketahui memang bertahan di tongkang,” ujar dia.

“Yang dipinggiran tongkang ini, kondisinya sangat lemas sekali dan langsung kami bawa bawa ke RSUD Jemaja untuk mendapatkan perawatan medis,” lanjut Abdul.

Saat ini kondisi tongkang tersebut berada sejauh 1 Nm dari bibir Pantai.

“Kami menghimbau kepada pelaku jasa laut untuk selalu memantau perkiraan cuaca yang disampaikan oleh BMKG dan tidak memaksakan diri untuk melakukan pelayaran jika cuaca dilaporkan memang sedang tidak bersahabat,” pungkas Abdul.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/22/192542178/dihantam-ombak-4-meter-tugboat-bintan-seroja-88-karam-di-perairan-anambas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke