Salin Artikel

500 Calon Rahib Buddha dari 7 Negara Ikuti Pindapatta di Candi Borobudur

Mereka yang ikut dalam ritual itu berasal dari tujuh negara berbeda yaitu Indonesia, Thailand, Taiwan, Cina, Singapura, Laos, Kamboja dan Malaysia.

"Yang hari ini berkumpul adalah semua umat, termasuk para orang tua yang anaknya mengikuti kegiatan ini datang, termasuk yang dari tujuh negara," kata Ketua Panitia Pabbajja Samanera Sementara Fatmawati usai prosesi Pindapatta, Rabu.

Ratusan orang itu mengikuti prosesi Pindapatta secara khitmad di pelataran Candi Borobudur, Magelang.

Ketua Umum Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) Agus Jaya menjelaskan, prosesi Pindapatta merupakan kegiatan memberikan persembahan berupa makanan untuk kebutuhan para Biksu Sangha.

“Kegiatan ini sangat penting sekali karena para Bikhu itu tidak pegang uang, dan jauh dari duniawi. Jadi, mereka tidak bisa belanja sendiri sehingga umat-lah mendermakan kepada Biksu untuk kebutuhan pokok sehari-harinya,” ujarnya di area Concourse Borobudur.

Pindapatta merupakan tradisi umat Buddha yang telah dilakukan sejak kehidupan Sang Buddha hingga saat ini.

Ritual itu dilaksanakan oleh para anggota Sangha dengan cara berjalan kaki dan kepala tertunduk sambil membawa mangkuk makanan untuk menerima dari umat.

"Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada umat Buddha untuk membantu dan menyokong kehidupan para Biksu Sangha dan Samanera," kata Agus.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/20/102131078/500-calon-rahib-buddha-dari-7-negara-ikuti-pindapatta-di-candi-borobudur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke