Salin Artikel

Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik Nataru, Basarnas Maumere Kerahkan 44 Personel

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Supriyanto Ridwan mengatakan, para personel ini akan melaksanakan siaga di beberapa posko yang menjadi wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.

"Mereka akan bersiaga di bandara dan pelabuhan yang ada di Maumere, Labuan Bajo, Ende, Lembata dan Alor," ujar Supriyanto saat apel gelar pasukan dan peralatan siaga SAR khusus Nataru di Halaman Kantor Basarnas Maumere, Senin (18/12/2023).

Supriyanto menjelaskan, pelaksanaan siaga SAR khusus Nataru merupakan tugas wajib personel Basarnas untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan mudik Natal maupun liburan tahun baru.

Namun, dia menekankan agar para personel tetap melaksanakan prinsip quick action (aksi cepat).

Dengan demikian, mereka bergerak cepat merespons bentuk kedaruratan yang terjadi di wilayah kerja Basarnas Maumere.

Supriyanto juga mengingatkan seluruh pegawai khususnya rescuer dan kru anak buah kapal (ABK) KN SAR Puntadewa RB 212 Maumere agar selalu menjaga kesehatan karena siaga nataru mobilitas kesiapsiagaannya sangat tinggi.

Terlebih KN SAR Puntadewa akan bergeser ke Labuan Bajo untuk mendukung siaga Nataru di Labuan Bajo. Sedangkan RB 212 Maumere akan bergeser ke Alor.

"Saya juga minta agar pelihara dan tingkatkan kesiapan alat serta peralatan agar kecepatan waktu tanggap (response time) dan waktu tempuh (deployment time) dapat tercapai dengan maksimal," ujarnya.

Supriyanto menambahkan, pelaksanaan siaga SAR khusus Nataru dimulai 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/18/132519978/antisipasi-kecelakaan-saat-mudik-nataru-basarnas-maumere-kerahkan-44

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke