Salin Artikel

Ketika Ribuan Jawara Banten Pamer Golok lalu Deklarasi Pemilu Damai

Mereka berkumpul dalam acara Tapak Karuhun Banten Jilid 2 dengan tema "Spirit of Banten Culture” sekaligus deklarasi damai menghadapi Pemilu 2024.

"Peserta yang hadir mencapai 30.000 pesilat dari 24 paguron (perguruan) di Banten," kata Pembina Paguyuban Peguron Brigjen Pol Nunung Syaifuddin kepada wartawan. Minggu (17/12/2023). 

"Acara ini bekerja  sama sama dengan pemerintah Provinsi dan Polda Banten. Kita berharap ada peran serta komunitas jawara ini untuk mengawal pemilu damai 2024," sambung dia.

Jawara Jaga Kondusivitas Pemilu 2024 

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak paguron silat dengan para jawara turut menjaga stabilitas daerah menghadapi Pemilu 2024.

“Agenda ini mendukung situasi yang mencerminkan untuk kondusif damai dan aman, dan tentunya saya apresiasi setinggi-tingginya untuk kegiatan ini,” kata Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, kegiatan berkumpulnya ratusan perguruan silat merupakan upaya mengangkat budaya dan sejarah Banten.

Dimana hal tersebut, mampu memperkuat gotong royong  yang bersatu padu dalam menyongsong demokrasi.

“Banten tentunya memiliki budaya yang tinggi. Kita memiliki jawara dan pendekar dan itu sangat dipentingkan dalam rangka partisipasi masyarakat di Provinsi Banten,” ujar dia.

Rekor MURI

Ketua Pelaksana Tapak Karuhun Banten Yadi Sugiadi menambahkan, acara ini juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Harapan kami berlangsungnya acara ini bisa menjadi mercusuar untuk persilatan di Indonesia," kata dia

https://regional.kompas.com/read/2023/12/17/235707278/ketika-ribuan-jawara-banten-pamer-golok-lalu-deklarasi-pemilu-damai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke