Salin Artikel

Pemakaman Istri Rizieq Shihab di Megamendung Bogor

Syarifah dimakamkan di Markaz Syariah, Pondok Pesantren Agrokultural, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/12/2023) pukul 10.00 WIB. 

Pemakaman itu dihadiri oleh banyak orang, mulai dari keluarga dekat, para santri, hingga pelayat dari luar jawa. 

"Tadi luar biasa, baru kali ini lihat Markaz Syariah macet. Sampai dari luar Jawa ada yang hadir mulai dari kaum laki-laki maupun perempuan. Luar biasa banyak (pelayat), tadi ada yang dari Makassar. Artinya memang Habib Rizieq memang tokoh nasional yang istrinya meninggal," ujar Ichwan Tuankotta, pria yang pernah menjadi pengacara Rizieq Shihab saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (17/12/2023).

Sejumlah karangan bunga ucapan dukacita dari para tokoh nasional berjejer di area pemakaman.

Ichwan Tuankotta mengatakan, Syarifah dimakamkan berdampingan dengan sang ibu yang meninggal sekitar dua bulan lalu.

"Jenazahnya sampai di Markaz Syariah, Megamendung, Bogor tadi jam 09.30 WIB, setelah dishalatkan dari Petamburan, Jakarta lalu dibawa ke dalam masjid untuk dishalatkan kembali di sini dan baru setelah itu dibawa ke pemakaman di samping ibunya," katanya.

Menurutnya, pada kesempatan itu, Rizieq Shihab menyampaikan terima kasih kepada orang-orang terdekat yang terus mendukung perjuangan istrinya di kala berjuang melawan sakit.

Rizieq juga bersaksi bahwa istrinya adalah sosok pejuang baik yang senantiasa mendampingi dalam keadaan susah maupun senang. 

"Disampaikan juga sama beliau bahwa Ummi Fadlun selama ini luar biasa mendukung perjuangannya, bahkan, harta dihibahkan semuanya untuk pondok pesantren Markaz Syariah ini," ungkapnya.

"(Wasiatnya) beliau berpesan kepada anak-anaknya supaya tetap mencontoh Akhlaqul Karimah dari Ummi Fadlun yang berjuang dan setia terhadap suaminya. Yang tetap mendampingi di kala susah dan bahagia," ujarnya.

Rizieq, kata dia, juga berpesan dan berharap anaknya bisa menjadi soleh dan solehah seperti ibunya.

"Karena beberapa kali (Rizieq) menyampaikan bahwa ini istri solehah karena luar biasa berjuang membantu perjuangan," kata dia.

Sebelum meninggal dunia, Syarifah Fadhlun Yahya, diketahui mengalami sakit.

"Beliau itu kena penyakit sebenarnya kemarin keluhannya ginjal. Kena ginjalnya begitu dan itu memang sudah setahun, udah lama. Cuma kan keluar masuk, keluar masuk RS gitu," ungkapnya.

Syarifah meninggal dunia pada Sabtu (16/12/2023) pukul 14.00 WIB di rumahnya di Petamburan, dalam usia 50 tahun dan meninggalkan tujuh anak.

Syarifah adalah warga asli Bogor yang merupakan sosok teladan dalam hal ibadah bagi keluarga dan pendukung Rizieq Shihab.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/17/170841778/pemakaman-istri-rizieq-shihab-di-megamendung-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke