Salin Artikel

Sempat Terseret di Sekitar Palung di Pantai Parangtritis, WNA Asal Ceko Diselamatkan Petugas

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Tim Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, menyelamatkan seorang wisatawan asing asal Republik Ceko saat terseret palung. ]

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis, M Arif Nugraha menyampaikan peristiwa itu bermula korban LD (29) wisatawan asal Republik Ceko datang bersama pacarnya di Pantai Parangtritis sekitar pukul 15.00 WIB.

"Saat bermain air korban sempat diingatkan oleh petugas piket," kata Arif saat dihubungi wartawan melalui telepon, Jumat (15/12/2023).

Dikatakannya, korban berenang ke tengah mengarah ke palung dan terbawa arus ke tengah sekitar pukul 16.05 WIB.

Petugas Satlinmas rescue wilayah III dan SAR Ditpolair polda DIY yang sedang berjaga, langsung memberikan pertolongan dengan berenang menggunakan papan surfing dan pelampung.  

"Pukul 16.35 korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke Pos Satlinmas Rescue wil III untuk dilakukan pertolongan lanjutan," kata Arif. 

Arif mengatakan, korban mendapatkan pertolongan dan kondisinya bisa berkomunikasi dengan baik. Petugas memberikan edukasi terkait bahaya palung di Pantai Parangtritis. 

Pihaknya sudah memasang rambu peringatan terkait palung laut di Pantai Parangtritis. 

"Wisatawan diimbau untuk mematuhi papan peringatan, atau imbauan petugas. Jangan sampai terjadi hal tidak diinginkan," kata dia. 

https://regional.kompas.com/read/2023/12/15/235746878/sempat-terseret-di-sekitar-palung-di-pantai-parangtritis-wna-asal-ceko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke