Salin Artikel

Antisipasi Antrean Saat Mudik Nataru, Pengelola Tol Lampung Siagakan "Mobile Reader"

Direktur Utama PT BTB Toll, Wayan Mandia mengatakan, penempatan mobile reader (pembaca kartu) ini salah satu strategi untuk antisipasi selama pelaksaan arus mudik dan balik Nataru mendatang.

"Kita menyiapkan berbagai strategi untuk penanganan arus kendaraan, termasuk antisipasi antrean jika arus kendaraan melonjak," kata Wayan melalui keterangan tertulis, Jumat (15/12/2023).

Pengelola Jalan Tol Lampung ruas Bakauheni - Terbanggi Besar ini akan menyiagakan mobil reader di tiga gerbang tol, yakni di GT Bakauheni Selatan, GT Kota Baru dan GT Terbanggi Besar.

"Tujuannya agar bisa mempercepat transaksi di gerbang tol, sehingga tidak terjadi antrean kendaraan yang panjang," katanya.

Untuk antisipasi antrean kendaraan masuk di area Pelabuhan Bakauheni, PT BTB Toll juga menyiapkan rest area 20B sebagai buffer zone.

"Buffer zone ini sebagai upaya delay system saat terjadi antrean kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni," katanya.

Wayan menambahkan, PT BTB Toll juga bekerja sama dengan Pertamina untuk penambahan SPBU modular di rest area 20B dan 49B selama periode Nataru 2023/2024.

Untuk menunjang kelancaran pengguna tol, PT BTB Toll menerjunkan 200 personel layanan jalan tol mulai dari petugas patroli, petugas towing dan derek, petugas rescue, serta petugas ambulans.

Sementara itu, Project Manager Ruas Tol Bakter Riadiano Muhammad mengatakan, progress pemeliharaan dan perbaikan minor jalan sudah berjalan dan akan selesai tanggal 20 Desember 2023.

"Kami pastikan untuk perbaikan jalan di beberapa titik saat ini akan rampung seluruhnya atau zero poth hole tanggal 20 Desember 2023 atau sebelum momen libur Nataru, perbaikan tersebut meliputi perbaikan main road serta bahu jalan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/15/141718278/antisipasi-antrean-saat-mudik-nataru-pengelola-tol-lampung-siagakan-mobile

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke