Salin Artikel

Tanggapi Survei Litbang "Kompas", Jokowi: Jadi Bahan Evaluasi dan Perbaikan

Berdasarkan hasil Litbang Kompas pada Desember 2023, sebanyak 73,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan. 

Namun, tingkat kepuasan ini sedikit turun dibandingkan dengan survei periode sebelumnya. Pada Agustus 2023, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah sebesar 74,3 persen.

"Ya itu semuanya untuk evaluasi pemerintah. Untuk evaluasi, untuk koreksi, kalau ada hal yang kurang, atau hal-hal yang perlu diperbaiki," katanya di Kabupaten Pekalongan, Rabu (13/12/2023). 

Menurutnya, hasil survei merupakan data dari lapangan yang bisa digunakan sebagai bahan perbaikan.

"Karena apapun, data survei itu adalah data lapangan secara umum. Sehingga kita pakai angka itu sebagai bahan evaluasi, bahan koreksi, sebagai bahan untuk perbaikan-perbaikan, untuk memperbaiki yang kurang-kurang. Karena banyak yang harus diperbaiki," kata Jokowi.

Adapun survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 29 November sampai dengan 4 Desember 2023 dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Sementara tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error penelitian ± 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/13/133053778/tanggapi-survei-litbang-kompas-jokowi-jadi-bahan-evaluasi-dan-perbaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke