Salin Artikel

Daffa-Dikco Prasetyo Juara Porsche Sprint Challenge Indonesia di Sirkuit Mandalika

Endurance Race merupakan salah satu sesi balapan dalam ajang balap liga mobil nasional Forsche Sprint Challenge Indonesia yang berlangsung di Sikruit Mandalika pada 7-10 Desember 2023.

Posisi kedua ditempati Aldino Oekon tim dari Citadel Racing Team, disusul pasangan Hendrik Jaya-John Kwon dari tim Semen Merah Putih di posisi ketiga.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengucapkan selamat kepada para pebalap yang telah menyelesaikan rangkaian balapan ini.

Selebihnya, Priandhi Satria menjelaskan, ajang balap otomotif Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini memberikan pengalaman baru bagi Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA).

"jika selama ini kami menggelar balap motor atau kendaraan roda dua, kali ini perdana kami menghadirkan balap mobil Porsche," kata Andi sapaan akrabnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (11/12/2023).

"Dari sisi marshall, operasional, termasuk saya sendiri masih banyak mempelajari hal-hal baru pada balap mobil Porsche ini," imbuhnya.

Usai mendapat homologasi balap mobil dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang merupakan perpanjangantangan FIA (Federation Automobil International), kata Andhi, Sirkuit Mandalika sudah dinyatakan layak menggelar balapan mobil.

Namun demikian, ada beberapa catatan kecil yang harus dipenuhi MGPA untuk dapat mengadakan balapan mobil di bawah naungan FIA.

"Kami akui ada sejumlah catatan yang harus diperbaiki bersama demi keamanan selama menggelar ajang balap mobil di sirkuit kebanggan masyarakat NTB ini," ungkapnya.

Ia menyebutkan, kontrak Porsche Indonesia akan dilakukan lima tahun ke depan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Dengan demikian, dari gelaran perdana ini akan dilakukan evaluasi untuk menghadapi balapan serupa pada 2024.

"Evaluasi saat ini akan kami persiapkan jauh lebih baik di tahun depan. Baik dari kesiapan balapan, kesiapan lintasan, kesiapan marshall hingga dukungan side event selama balapan berlangsung," timpalnya.

Putaran pertama ajang PSCI 2023 di Sirkuit Mandalika, sambungnya, tidak menutup kemungkinan menghadirkan balapan serupa untuk tingkat Asia Pasifik.

Porsche sedang menjajaki ajang Porsche Carrera Cup yang pesertanya dari luar Indonesia dan (dipastikan) mampir satu putaran di Indonesia.

"Kami juga sedang menjajaki seperti GT Fanatec, Radical Cup dan lainnya. Supaya bersedia adakan balap di Indonesia," beber Andhi.

Andhi menekankan, dalam ajang ini pihak penyelenggara balapan wajib menggunakan talent-talent asal NTB.

Salah satunya keterlibatan marshall. Sebagian marshall diambil pihak Porsche untuk mengikuti pelatihan menjadi mekanik permanen Porsche ke depan.

Pasalnya, Porsche rutin melakukan maintenance (perawatan) baik saat ada atau tidak ada balapan mobil.

"Daripada mereka pakai tenaga dari luar NTB, teknisi dari Jerman dan Malaysia langsung ke sini untuk memberikan pelatihan kepada 10 orang marshall yang selalu kami pakai, MGPA tentu bangga ada marshall kita menjadi calon-calon mekanik untuk Porsche," kata pria yang berkutat di dunia otomotif ini.

Guna mempopulerkan ajang balap mobil di Sirkuit Mandalika kepada masyarakat luas, pihaknya menghadirkan pula side-side event untuk menarik minat penonton, termasuk menggratiskan menonton balapan.

Ini bertujuan mendekatkan masyarakat dengan Sirkuit Mandalika. Satu sisi pihak penyelenggara menjadi bersemangat karena turut dihadiri penonton atau pecinta mobil balap.

"Salah satunya kami berikan kemudahan bagi penonton dapat membawa masuk kendaraan motornya dan diparkir di belakang area grandstand A, sehingga tidak terlalu jauh berjalan," kata Andi. 

https://regional.kompas.com/read/2023/12/11/072311078/daffa-dikco-prasetyo-juara-porsche-sprint-challenge-indonesia-di-sirkuit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke