Salin Artikel

Tak Hanya di Banyumas, Pupuk Palsu Berbahan Kapur Juga Diedarkan ke Wilayah Lain

Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto mengatakan, pupuk dengan merek Bio Cr Mutiara 16.16.16 NPK palsu tersebut diedarkan ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

"Area penjualannya di seluruh Jawa," ungkap Hendri saat ungkap kasus di mapolresta, Jumat (8/12/2023).

Sebelum diedarkan secara keliling dengan kendaraan bak terbuka di Banyumas, pelaku juga telah menjual pupuk tersebut di wilayah Magelang.

Pengakuan pemilik pabrik berinisial AF (40) kepada polisi, pupuk buatannya juga diedarkan di wilayah Subang, Jawa Barat.

Hendri mengatakan, pabrik pupuk NPK palsu PT Semeru Jaya Gemilang yang berada di Gresik, Jawa Timur ini, telah beroperasi sejak 2020 lalu.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Adriansyah Rithas Hasibuan mengatakan, pupuk palsu ini dijual jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap lima pelaku pembuat dan pengedar pupuk NPK palsu yang sempat menggegerkan warga di Kabupaten Banyumas.

Kelima pelaku yaitu HP (36), CH (31), MC (36), PJ (26), keempatnya warga Bojonegoro, Jatim dan AF (40), warga Gresik, Jatim.

Dari hasil pengujian sampel yang dilakukan di Laboratorium Tanah dan Pupuk Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Yogyakarta, pupuk tersebut terbuat dari kapur.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/08/161332178/tak-hanya-di-banyumas-pupuk-palsu-berbahan-kapur-juga-diedarkan-ke-wilayah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke