Salin Artikel

Mensos Risma Hadir Pantau Operasi Katarak Gratis di Lombok Timur

Kegiatan operasi katarak tersebut merupakan rangkaian Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan Sentra Paramita Mataram di sejumlah kabupaten di NTB.

Adapun operasi katarak di Lombok Timur berlangsung selama tiga hari, terhitung dari Kamis (7/12) sampai dengan Sabtu (9/12) 2023.

Dalam kesempatan tersebut Risma berdialog dengan masyarakat yang datang operasi katarak dan memberikan saran agar para pasien mematuhi arahan dokter selama proses penyembuhan.

"Bapak ibu, yang sudah operasi jangan sampai operasinya kena air selama tiga hari, jangan menunduk, dan jangan kerja berat dulu," ungkap Risma.

Risma mengatakan, pasien dapat dirujuk ke rumah sakit yang berada di Surabaya jika tidak bisa ditangani di Rumah Sakit Selaparang Lombok Timur.

Untuk biaya ke Surabaya, kata Risma, pihaknya akan turut membantu dengan biaya dari Kemensos.

"Jangan khawatir kalau tidak bisa di sini, kita akan tangani sampai tuntas, tidak usah memikirkan biaya, biar kami yang pikirkan," terangnya.

Risma menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat juga pada pendamping desa dan Pendamping PKH yang telah mendampingi semua pasien yang operasi.

"Terima kasih semuanya teman-teman pendamping desa dan PKH. Jangan lupa kontrol untuk semua pasen agar datang untuk datang mengontrol pascaoperasi," kata Risma. 

Diketahui pasien yang akan dioperasi sebanyak 200 orang setiap hari. Data per 7 Desember sebanyak 643 calon pasien dan 560 dinyatakan layak. 

https://regional.kompas.com/read/2023/12/07/220419778/mensos-risma-hadir-pantau-operasi-katarak-gratis-di-lombok-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke