Salin Artikel

Cerita Mangkunegara X di Balik Peluncuran Logo Praja Mangkunegaran Lewat Kartu Multi Trip

SOLO, KOMPAS.com - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X meluncurkan logo baru Praja Mangkunegaran melalui Kartu Multi Trip (KMT) untuk pengguna commuter line atau KRL.

Peluncuran logo Praja Mangkunegaran dilakukan dalam acara Mangkunegaran Garden Orchestra dan launching aplikasi C-Access yang diselenggarakan PT Kereta Commuter Indonesia di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (3/12/2023) malam.

Mangkunegara X mengatakan logo Praja Mangkunegaran dalam KMT merupakan kolaborasi antara PT KAI Commuter dengan Bank Mandiri.

Dia menceritakan di balik peluncuran logo Praja Mangkunegaran melalui KMT commuter line.

"Kita akan memperkenalkan perkenalan awal dari logo lambang Mangkunegaran di era kepemimpinan saya hari ini. Satu hal yang cukup menarik sedikit cerita di Mangkunegaran setiap kepemimpinan, setiap pemimpinnya itu mempunyai logo yang berbeda-beda sesuai dengan zamannya. Tapi filosofinya tetap sama, esensinya tetap sama," kata Mangkunegara X dikutip Kompas.com melalui kanal Youtube @kaicommuter pada Selasa (5/12/2023).

"Malam ini kita perkenalkan melalui KMT. Karena kita percayai satu hal bahwa lambang Mangkunegaran ini bukan hanya merupakan kebanggaan bagi kami. Bukan hanya milik Mangkunegaran. Tapi ini milik kita semua, milik masyarakat Jawa dan harapannya pun bisa menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia," sambung Komisaris PT KAI itu.

Di era kepemimpinannya, Mangkunegara X pun ingin seluruh rakyat bahagia melalui kebudayaan yang dimiliki Pura Mangkunegaran.

"Sebetulnya apa yang kami lakukan di Mangkunegaran itu sangat sederhana. Kami ingin membahagiakan teman-teman semua, seluruh kawula Mangkunegaran melalui kebudayaan yang kita bawa hari ini. Kebudayaan, kegiatan yang kita sajikan untuk seluruh kawula Mangkunegaran untuk satu tujuan yaitu membawa kebahagiaannya," ungkap Mangkunegara X.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan KAI Commuter terus berinovasi dalam pengembangan teknologi layanan kepada penggunanya. Salah satunya aplikasi "C-Access" kerja sama KAI Commuter dengan Bank Mandiri.

"MoU ini merupakan kolaborasi digitalisasi sebagai meningkatkan layanan Commuter Line. Para pengguna commuter line diberikan kemudahkan dalam menggunakan KRL," kata dia.

C-Access merupakan super apps rebranding dari aplikasi KRL Access yang sebelumnya sudah familiar digunakan oleh pengguna commuter line.

Terdapat pengembangan dan inovasi fitur-fitur terbaru di antaranya pembelikan tiket commuter line, Ttop up saldo KMT, informasi lokasi stasiun terdekat, pembelian tiket Kereta Bandara, pelayanan PIN Ibu hamil yang seluruhnya memiliki tampilan yang lebih menarik.

"Ke depannya akan dikembangan pula layanan QRIS sebagai aplikasi pembayaran, aplikasi ini juga sudah memiliki akses kemudahan dalam pemakaian oleh disabilitas," terang Asdo.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/05/193811378/cerita-mangkunegara-x-di-balik-peluncuran-logo-praja-mangkunegaran-lewat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke