Salin Artikel

Warga Terdampak Erupsi Gunung Marapi Terisolasi, Polda Sumbar Dirikan Dapur Umum

PADANG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mendirikan dapur umum yang diperuntukkan bagi korban bencana erupsi Gunung Marapi.

Dapur umum ini menyediakan makanan bagi korban, keluarga korban, warga, hingga relawan yang melakukan evakuasi.

"Polda Sumbar mengambil inisiatif mendirikan dapur umum yang bisa digunakan siapa saja di daerah erupsi Gunung Marapi," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan yang dihubungi Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Dwi menyebutkan dapur umum ini menjadi pusat penyediaan makanan bagi mereka yang membutuhkan bantuan terutama warga terdampak, dan sebagai upaya memberikan dukungan kemanusiaan.

"Petugas kepolisian bekerja keras untuk memastikan distribusi makanan berjalan lancar, memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan," jelas Dwi.

Langkah ini tidak hanya mencerminkan komitmen polisi dalam menjaga keamanan, tetapi juga menunjukkan solidaritas dan empati terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat setempat.

Dwi menerangkan langkah ini menunjukkan sinergi antara pihak Kepolisian, TNI, Instansi Pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat akibat bencana alam.

"Dapur umum ini diharapkan dapat memberikan bantuan yang signifikan kepada warga yang terisolasi atau kehilangan akses ke sumber daya pokok akibat erupsi Gunung Marapi," kata Dwi.

Polda Sumbar, kata Dwi, terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk badan penanggulangan bencana dan TNI untuk memastikan bantuan dan dukungan mencapai sasaran dengan efektif.

"Keterlibatan aktif kepolisian dalam membuka dapur umum ini menjadi cermin keberlanjutan upaya bersama dalam mengatasi dampak krisis alam," kata Dwi.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/05/181015578/warga-terdampak-erupsi-gunung-marapi-terisolasi-polda-sumbar-dirikan-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke