Salin Artikel

Turis Asal Amerika Serikat Meninggal Saat Menyelam di Perairan Raja Ampat

SORONG, KOMPAS.com - Turis asing asal Amerika Serikat bernama Stephen Jamee Harms (66) meninggal dunia saat menyelam di Perairan Raja Ampat, Papua Barat Daya, pada Rabu (29/11/2023).

Kepala Kepolisian Resor Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran membenarkan kejadian itu. Edwin menyebut, insiden itu terjadi sekitar pukul 08.15 WIT saat korban berwisata bersama turis asing yang lain.

Saat itu, sejumlah turis asing berwisata menggunakan Kapal Damai II untuk melakukan kegiatan menyelam di perairan Raja Ampat.

"Awalnya tamu beserta dive guide (pemandu selam) dan cruise director melakukan kegiatan menyelam. Selang beberapa saat sekitar pukul 08.37 WIT, driver boat 2 melihat seorang tamu naik ke permukaan dalam kondisi tidak sadarkan diri," kata Edwin melalui pesan tertulis, Kamis (30/11/2033).

"Pemandu selam kemudian memberikan pertolongan awal dengan oksigen dan melakukan pengecekan denyut nadi, namun kondisi korban sudah meninggal dunia." jelas Edwin.

Dari lokasi kejadian, turis asal Amerika Serikat itu dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Waisai dan selanjutnya dibawa ke Kota Sorong dengan menggunakan speedboat.

Sejumlah personel Polair Polda Papua Barat turut membantu mengevakuasi jenazah turis asing itu saat tiba di Pelabuhan Perikanan Sorong. Jenazah kemudian disemayamkan di kamar jenazah Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sorong.

Rencananya, jenazah akan diberangkatkan ke Jakarta melalui Bandara Domine Eduard Osok untuk dipulangkan ke negera asalnya, Amerika Serikat.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/01/110359978/turis-asal-amerika-serikat-meninggal-saat-menyelam-di-perairan-raja-ampat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke