Salin Artikel

Gibran: OPD Wajib Punya Event Tahunan yang Bisa Undang Ratusan Ribu Orang ke Solo

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) wajib mempunyai event tahunan yang besar yang dapat mengundang ratusan ribu orang, baik luar kota maupun luar negeri datang ke Solo.

Hal itu Gibran sampaikan dalam acara pemberian tali asih Korpri kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Bappeda yang memasuki purna tugas di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/11/2022).

Putra sulung Presiden Jokowi menambahkan Solo memiliki banyak fasilitas umum yang sangat memadai guna menunjang event besar berskala internasional.

"Kita punya hotel banyak, punya mal banyak, punya airport, punya access all. Ada KRL, ada Terminal Tirtonadi. Kita itu enggak kurang-kurang. Makanya ke depan kita itu wajib melakukan bidding untuk menjadi tuan rumah event-event internasional. Wajib punya intellectual property. Jadi kita harus punya event tahunan yang besar yang bisa mengundang ribuan, ratusan ribu orang dari luar kota ataupun luar negeri. Ini wajib sekali," kata Gibran.

Masuknya Solo dalam 55 kota anggota baru Jaringan Kota Kreatif Dunia versi The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dalam bidang kerajinan dan kesenian rakyat juga menjadi modal Solo ke depan dalam mengadakan berbagai event bertaraf internasional.

Gibran menyampaikan bahwa Solo merupakan kota kecil tetapi tidak bisa diremehkan.

"Jadi nation branding dan destination branding penting sekali. Jadi saya mohon menjadi PR Sekda dan Bappeda berikutnya. Jadi walaupun (Solo) kita kota kecil tapi kota kecil yang tidak bisa diremehkan," terang dia.

Diketahui, hari ini ada 23 orang PNS Solo yang purnatugas. Suami Selvi Ananda pun mengucapkan terima kasih kepada mereka atas kontribusi dan kerja keras mereka di Solo.

Gibran juga berpesan kepada mereka setelah tidak lagi menjadi abdi negara agar tetap memberikan kontribusikan kepada warga Solo melalui kegiatan apapun.

"Saya harap nanti setelah purna tugas tetap mengawal program-program dari Pemkot tetap berkontribusi kemajuan Kota Solo," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/30/150129978/gibran-opd-wajib-punya-event-tahunan-yang-bisa-undang-ratusan-ribu-orang-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke