Salin Artikel

Pantau ASN yang Tak Netral, Pemkot Palembang Bentuk Tim Khusus

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palembang membentuk tim khusus untuk memantau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) selama masa kampanye berlangsung agar menghindari adanya penyalahgunaan alat negara.

Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, tim khusus itu telah dibuat pada Selasa (28/11/2023) dan langsung bekerja untuk memantau seluruh kegiatan ASN.

“Tujuannya agar menjaga netralitas ASN selama Pemilu. Timsus ini berasal dari inspektorat Kota Palembang,” tutur Dewa, Rabu (29/11/2023).

Dewa mengungkapkan, ASN diminta netral selama pemilu dan tidak ikut tergabung dalam partai politik maupun tim pemenangan kampanye baik tingkat pemilihan kepala daerah, legislatif, maupun Presiden.

Sebab, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres), ASN dilarang terlibat dalam politik praktis.

“Namun, jika kedapatan ikut kampanye selama masa politik, kami akan berikan sanksi sesuai kebijakan Kemendagri,” tegas Dewa.

Selain itu, ASN diminta bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) dan tidak mengunggah kegiatan yang berpihak kepada para salah satu calon.

“ASN tidak boleh memperagakan pose foto dengan menggunakan berbagai macam gaya jari menunjukkan nomor pilihan,” imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/29/133952278/pantau-asn-yang-tak-netral-pemkot-palembang-bentuk-tim-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke