Salin Artikel

Jaringan Listrik dan Internet Jadi Kendala Pelaksanaan Pemilu di Sikka

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka Yohanes Krisostomus Feri saat ditemui Kompas.com di Kantor KPU Sikka, Senin (27/11/2023).

Feri mengungkapkan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 di Kabupaten Sikka sebanyak 1.005 TPS yang tersebar di 21 kecamatan.

Namun di beberapa titik belum tersentuh akses jaringan dan internet.

"Salah satunya di Desa Waipaar, Kecamatan Talibura itu wilayah yang belum tersentuh jaringan listrik dan internet, masih ada juga beberapa wilayah lain," ujar Feri.

Feri menuturkan, berkaca pada Pemilu 2019, proses penghitungan suara di sejumlah TPS berlangsung hingga malam hari. Untuk penerangan para petugas terpaksa harus meminjam genset.

Selain itu di beberapa lokasi juga yang belum tersentuh internet, petugas harus mencari daerah yang memiliki sinyal untuk memasukkan laporan hasil pemilu ke dalam aplikasi KPU.

"Ada yang sampai naik ke pohon, naik bukit atau mencari tempat-tempat yang tinggi untuk mendapat sinyal internet," katanya.

Feri berharap agar persoalan ini menjadi perhatian semua pihak terlebih instansi terkait agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar.

"Potensi-potensi masalah ini sudah saya sampaikan saat pertemuan bersama parpol maupun pemerintah. Harapannya ini menjadi perhatian bersama," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/27/152008378/jaringan-listrik-dan-internet-jadi-kendala-pelaksanaan-pemilu-di-sikka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke