Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Pj Gubernur Aceh Minta Warga Sabar Hadapi Pengungsi Rohingya | Tanggapan Gibran soal Pembangunan IKN

KOMPAS.com - Pengungsi Rohingya berdatangan ke Aceh.

Dalam dua pekan terakhir, ada enam gelombang pengungsi Rohingya yang berlabuh di provinsi paling barat di Indonesia ini.

Atas hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki meminta warganya untuk menahan diri saat menghadapi kedatangan pengungsi Rohingya.

Berita lainnya, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku akan menerima semua masukan mengenai tahapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Saat disinggung soal proyek pembangunan IKN Nusantara dinilai akan menimbulkan ketimpangan baru, pria yang menjabat sebagai Wali Kota Solo ini enggan menanggapi.

Pandangan mengenai ketimpangan itu disampaikan oleh calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Jumat (23/11/2023).

Terbaru, kapal yang membawa 219 pengungsi berlabuh di Kota Sabang.

Terkait permasalahan ini, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki meminta warganya untuk menahan diri saat menghadapi kedatangan pengungsi Rohingya.

Ia juga mengingatkan warga untuk mengedepankan masalah kemanusiaan saat menghadapi permasalahan ini.

"Sudah diimbau oleh bupati dan diharapkan juga masyarakat bisa bersabar sambil mengatur semuanya. Tentunya secara kemanusiaan, ini urusannya kemanusiaan. Ada waktunya, kemudian SOP-nya akan diatur lagi," ujarnya, Rabu (22/11/2023).

Baca selengkapnya: Beredar Video Pengungsi Rohingya Buang Bantuan Sembako, Pj Gubernur Aceh Minta Warga Bersabar

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka enggan menanggapi pandangan capres nomor urut 1 Anies Baswedan, yang menyebut pembangunan IKN akan menimbulkan ketimpangan baru.

"Enggak usah ditanggapi," ucapnya di Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis.

Menurut Gibran, dirinya akan menerima semua masukan terkait tahapan pembangunan IKN.

"Monggo semua masukan kami terima," ungkapnya.

Pandangan Anies Baswedan tentang pembangunan IKN disampaikan dalam acara Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jateng, Rabu (22/11/2023).

Baca selengkapnya: Anies Kritik Pembangunan IKN Akan Timbulkan Ketimpangan Baru, Gibran: Tidak Usah Ditanggapi

Sumur di Desa Dak Jaya, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, mengeluarkan minyak mirip pertalite.

Karena mengeluarkan bau minyak, pemilik telah menguras sumurnya sebanyak dua kali, yakni bulan September dan Oktober 2023.

"Namun ternyata masih keluar dan malah semakin pekat,” tutur Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Binjai Hulu Iptu Uray Zul Idhar, Kamis.

Pada Rabu (22/11/2023) pagi, pemilik sempat menimba air sumur dengan ember. Namun, bau minyak tercium begitu kuat dari air tersebut.

"Air bercampur minyak itu lalu dimasukkan ke dalam jeriken dan digunakan untuk mengisi bahan bakar sepeda motor," jelasnya.

Baca selengkapnya: Sumur yang Mengeluarkan Minyak Mirip Pertalite Sempat Dikuras Pemiliknya, tapi...

Kerangka manusia ditemukan di rumah Sugeng Riyadi (46), Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa (21/11/2023).

Temuan tersebut didapat saat Sugeng hendak merenovasi rumah yang baru dua bulan ia beli.

Kerangka ditemukan di sebuah kamar yang digembok. Kerangka itu terkubur dalam lubang yang dicor.

"Setelah dibongkar, ditemukan tengkorak dan tulang manusia," terang Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Blitar Kota AKBP Danang Setiyo PS, Selasa.

Selain kerangka, ditemukan pula perhiasan dan pakaian dalam lubang tersebut.

Baca selengkapnya: Soal Kerangka Manusia Dicor di Blitar, Berada di Kamar Terkunci dengan Posisi Meringkuk

Seorang anggota Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Baku tembak terjadi di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Rabu (22/11/2023).

Anggota Brimob, Bonifasius Jawa alias Boy, itu pun mendapat kenaikan pangkat luar biasa (KPLB). Ia naik pangkat anumerta dari Bharada menjadi Bharatu.

"Ini berdasarkan keputusan kenaikan pangkat luar biasa dari Bapak Kapolri," beber Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda NTT Kombes Pol Satrya Yusada, Kamis.

Selain Boy, rekannya, Rani Yohanes Seran, yang terluka dalam kejadian tersebut juga mendapat kenaikan pangkat.

Baca selengkapnya: Anggota Brimob Polda NTT yang Gugur di Papua Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

https://regional.kompas.com/read/2023/11/24/061600878/-populer-nusantara-pj-gubernur-aceh-minta-warga-sabar-hadapi-pengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke