Salin Artikel

Jika Jadi Presiden, Anies Janji Tanah Negara Bebas Digunakan Swasta, asal...

SOLO, KOMPAS.com - Calon presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan akan menjadikan tanah-tanah negara bisa dipergunakan untuk pihak swasta.

Pembebasan ini dengan syarat dipakai untuk kegiatan pendidikan, kesehatan, dan sosial jika nantinya dia terpilih sebagai presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Anies menyebutkan, kebijakan ini bisa menjadi solusi pembiayaan pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi swasta uang cukup tinggi karena persoalan akusisi tanah.

"Tanah kompoten termahal. Biasanya termahal. Jadi kedepan, ingin tanah-tanah negara bisa dikelola oleh swasta selama untuk pendidikan, kesehatan, dan kegitan sosial," kata Anies Baswedan saat dialog terbuka di Edutorium Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS), Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Rabu (22/11/2023).

Lanjutnya, gagasan ini diungkapkan karena Muhamadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) yang telah mendidik jauh sebelum negara Indonesia ada, serta memiliki banyak kontribusi pada bidang pendidikan, kesehatan dan sosial.

"Kenapa justru berbalik, kita ini pelit ke rakyat sendiri. Mereka mendidik bangsa kita bukan orang-orang asing. Jangan bedakan swasta dan negeri. Tanah negara dipakai untuk swasta tidak hilang, kalau investor asing malah bisa hilang," jelasnya.

Bahkan, Anies juga menyebutkan jika terpilih, pihaknya akan membebaskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi sekolah, kampus, dan rumah sakit swasta.

"Ke depan sekolah-sekolah swasta, universitas swasta-swasta, menurut kami harus dibebaskan PBB atas tanah mereka, harus nol," tegasnya.

"Kenapa? tanpa ada kampus swasta sekolah swasta kita tidak cukup untuk menyekolahkan anak Indonesia. Cara negara bayar balik adalah PBB kampus dan sekolah-sekolah semua sifatnya sosial, termasuk rumah sakit yang sifatnya sosial itu nol PBBanya," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/22/132936078/jika-jadi-presiden-anies-janji-tanah-negara-bebas-digunakan-swasta-asal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke