Salin Artikel

Diduga Ijazahnya Palsu, Alumni Sekolah di Rangkasbitung Ditolak Saat Akan Bekerja

Orangtua alumni pun datang ke sekolah untuk minta penjelasan Senin (20/11/2023). Video pertemuan antara orangtua murid dan pihak sekolah beredar luas di media sosial.

Salah satu orangtua murid, Ujen Priyatna, meminta penjelasan ke sekolah setelah anaknya ditolak bekerja di salah satu perusahaan lantaran ijazahnya disebut bermasalah.

“Anak saya enggak diterima kerja, dibilang ijazahnya palsu oleh perusahaan tersebut,” kata Ujen kepada wartawan di Desa Pasir Tanjung, Senin (20/11/2023).

Ujen kemudian mencari kejelasan ke sekolah. Menurut keterangan pihak sekolah, ijazahnya bermasalah dari tanda tangan, stempel, dan juga tidak ada cap jari siswa.

“Menurut kepala sekolah Bu Anita, bukan hanya anak saya saja, tapi ada 9 orang di angkatan 2022 yang ijazahnya bermasalah,” kata Ujen.

Hingga saat ini, belum ada solusi dari pihak sekolah hingga para orangtua yang ijazah anaknya bermasalah kompak mendatangi sekolah tersebut.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pasir Tanjung, Abdul Sukur, mengatakan para orangtua yang ijazah anaknya bermasalah melaporkan ke desa untuk meminta solusi.

“Kami dari pihak desa bersama wali murid akhirnya datang ke sekolah tersebut, juga ke sekolah induk di Pandeglang,” kata dia.

Dari pertemuan itu, diketahui penyebab ijazah bermasalah lantaran tidak dikeluarkan langsung oleh sekolah secara resmi tapi melalui penanggung jawab sekolah berinisial D.

Warga pun melaporkan sekolah ke polisi dengan tuduhan pemalsuan ijazah.


Selain itu D juga dilaporkan atas sejumlah masalah lain di sekolah seperti pemotongan dana PIP yang berlebihan.

“Menurut kami ada sejumlah permasalahan di bidang pendidikan di sekolah tersebut yang harus dibenahi,” kata dia.

Kompas.com sudah coba menghubungi kepala SMK tersebut, tapi belum direspons.

Sementara Kapolsek Rangkasbitung, AKP Pipih Iwan, menyebutkan sudah menerima laporan dugaan ijazah tersebut.

“Sudah ada laporan kami sedang kami selidiki,” ujar Pipih.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/20/203541678/diduga-ijazahnya-palsu-alumni-sekolah-di-rangkasbitung-ditolak-saat-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke