Salin Artikel

Datangkan Asesor World Athletics Technical, Borobudur Marathon Verifikasi untuk Dapatkan World Athletic Label

Komitmen tersebut dilakukan dengan mendatangkan asesor Dari World Athletics Technical guna menverivikasi penyelenggaraan Borobudur Marathon dengan mengusung tema “Voice of Unity" ini.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan kesiapan pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat, seperti Dinas Perhubungan, medis setempat, pihak kepolisian, hingga masyarakat sekitar.

Dengan demikian, event ini diharapkan menyajikan pengalaman terbaik bagi para pelari Borobudur Marathon yang saat ini masih menjadi event nasional.

“Tahun ini, Borobudur Marathon juga mempunyai keinginan untuk naik level dengan mencoba membuka kesempatan menuju next step verifikasi untuk mendapatkan World Athletic Label," kata Budiman di Magelang, Minggu (19/11/2023).

Budiman menambahkan, Borobudur Marathon perlu naik kelas agar event yang digelar atas kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon ini dapat menjadi ajang berkumpulnya pelari-pelari dunia.

"Selain itu, kita juga sudah menyiapkan cheering yang bertebaran di sepanjang rute untuk menjadi extra boost bagi para pelari, serta kegiatan seru lainnya, baik di Race Expo hingga saat Race Day nanti di Taman Lumbini, Candi Borobudur,” papar Budiman.

Terkait naik kelas ke level internasional itu, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyambut baik dan menjelaskan upaya serta komitmen Borobudur Marathon untuk meningkatkan kualitas standar event race menuju standar internasional.

Dengan mendatangkan asesor dari World Athletics Technical yakni Richard Welsh, berharap Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Kemanfaatan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi warga Indonesia tapi juga warga internasional.

"Borobudur Marathon digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu, 19 November 2023," kata Tigor.


Sementara itu Richard Welsh delegasi dari World Athletics Technical mengatakan, gelaran event Borobudur Marathon ini menjadi event lari terbaik di Indonesia yang telah sukses diadakan setiap tahun.

Richard menyebut, Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng adalah event lari yang sangat ikonik karena di laksanakan di sekitar Candi Borobudur.

"Borobudur Marathon iconik," kata Richard saat ditanya soal Borobudur Marathon.

Diketahui, Borobudur Marathon 2023 diikuti sekitar 10.456 orang yang terbagi ke dalam tiga kategori, yakni 10K, half marathon, dan marathon.

Gelaran tahun ini juga diikuti sejumlah pelari nasional dan internasional. Sejumlah atlet lari yang turut memeriahkan, antara lain, Agus Prayogo, Betmen Manurung, Odekta Naibaho, Prefty Sihite, dan lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/19/095622378/datangkan-asesor-world-athletics-technical-borobudur-marathon-verifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke