Salin Artikel

Seorang Warga Batam Dilaporkan Terjangkit Cacar Monyet

Pasien itu dilaporkan terjangkit setelah melakukan perjalanan dari provinsi lain. 

“Satu kasus itu berasal dari Batam yang menyerang laki-laki berusia 23 tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Mohammad Bisri saat dihubungi, Rabu (15/11/2023). 

Menurutnya, ciri-ciri yang dapat terlihat pada pasien terjangkit cacar monyet yakni ruam pada tubuh, bintik-bintik, serta pembekakan kelenjar getah bening.

“Ini gejalanya khas, dan tidak bisa dianggap ringan juga. Obatnya juga belum ada, jadi semua tergantung dengan daya tahan tubuh seseorang,” papar Bisri.

Membaik dan ditempatkan di ruang isolasi

Kepala Dinas Kesehatan Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, pasien tersebut sudah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah.

Saat ini kondisi pasien itu sudah mulai berangsur pulih.

“Pasien cacar monyet itu sempat tidak jujur dan tak koperatif. Namun, setelah kami desak baru yang bersangkutan mau dirawat di ruang isolasi,” terang Didi.

Saat ini, Dinas Kesehatan Batam masih menelusuri kontak erat pasien itu. Sementara belum ditemukan tanda-tanda terjerat cacar monyet dari keluarganya.

“Kami menduga pasien juga terjangkit oleh orang luar Kepri yang baru saja tiba di Batam. Saya berharap ke depan jika ada masyarakat yang terjangkit seperti gejala tersebut, secepatya memeriksaan diri ke rumah sakit terdekat, agar penyebaran ini bisa diminimalisir,” pungkas Didi.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/15/200601978/seorang-warga-batam-dilaporkan-terjangkit-cacar-monyet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke