Salin Artikel

Terekam CCTV Bakar Mobil, Pria Diduga ODGJ di Nunukan Diamankan Polisi

Mobil dengan Nomor Polisi KU 1023 N yang terparkir di depan rumah pemilik, Sulhatta, yang tertutup body cover tersebut, berhasil dipadamkan setelah sekitar 30 menit dilahap api.

"Kejadiannya sekitar pukul 03.40 wita. Saya bersyukur ada orang yang lewat dan berteriak kebakaran. Sehingga tetangga sekitar dan keluarga saya bangun untuk memadamkan api,"ujarnya, saat ditemui.

Sulhatta mengaku belum ada sebulan membeli mobil tersebut. Ia juga merasa tidak pernah memiliki masalah dengan laki-laki diduga ODGJ bernama D yang membakar mobilnya.

Panik dengan kobaran api, Sulhatta bersama tetangga mencoba memadamkan api seadanya.

"Setelah api berhasil padam, saya lihat rekaman CCTV. Ternyata pelakunya D. Saya heran juga kenapa dia bakar mobil saya. Kalau kata orang, D akan mendendam pada orang yang dia benci dan punya masalah dengannya. Saya merasa tak pernah punya masalah dengan dia,"jelasnya.

Pada rekaman CCTV dimaksud, D awalnya membakar body cover mobil di arah depan, dan sempat pergi menjauh.

Namun, karena api padam, D kembali dan beralih membakar dari samping mobil. Saat api membesar, ia tinggalkan begitu saja.

Sulhatta, memutuskan melaporkan peristiwa tersebut ke Polisi.

Terpisah, Kapolsek Nunukan Kota, AKP Muhammad Karyadi, membenarkan bahwa pelaku pembakaran mobil adalah D, yang selama ini dikenal masyarakat sebagai ODGJ.

"Saat ini, D sementara kita amankan di Mapolsek. Masalahnya, hukum tentu tidak berlaku bagi orang yang tidak memiliki kesadaran atau nalarnya terganggu,"jawabnya.

Karyadi berharap, keluarga D bisa ikut bertanggung jawab dengan memastikan D terawat dan mendapat perhatian.

"Seharusnya keluarganya tidak membiarkan D ini terus berkeliaran. Solusi selanjutnya, kita serahkan D ke Dinas Sosial. Semoga ada penanganan, bukan hanya untuk D, tapi bagi ODGJ lain yang masih banyak berkeliaran," kata Karyadi.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/13/110334978/terekam-cctv-bakar-mobil-pria-diduga-odgj-di-nunukan-diamankan-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke