Salin Artikel

Satu Lagi Warga TTS Meninggal karena Rabies

KUPANG, KOMPAS.com - Manya Elo (24), warga Kelurahan Niki-Niki, Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), meninggal akibat rabies.

"Pasiennya baru beberapa jam yang lalu meninggal. Info yang kita terima meninggalnya sekitar pukul 15.25 Wita," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS Ria Tahun kepada Kompas.com, Sabtu (11/11/2023).

Ria menjelaskan, Manya digigit anjing pada bulan Juni 2023. Saat itu dia tidak menginformasikan kejadian itu kepada keluarganya. Ia juga tidak mendapat suntikan VAR. Anjing yang menggigitnya juga mati.

Kemudian, pada Selasa (7/11/2023), Manya dibawa ke Pusat Kesehatan Masyarakat Masyarakat (Puskesmas) Niki-Niki dengan keluhan lemas, pusing, badan meriang dan sulit menelan.

Saat diperiksa petugas medis di Puskesmas, Manya pun takut terhadap air dan angin. Dokter yang bertugas di Puskesmas kemudian berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soe.

Dokter spesialis menyarankan agar diberi VAR dan SAR, meski terlambat. Perawatan juga disarankan untuk dilakukan di Puskesmas saja.

Pada saat dirawat, keluarga meminta dokter untuk memberikan obat penenang dan dilayani. Keluarga juga meminta pemeriksaan darah lengkap dan hasil dalam batas normal dan tidak malaria.

Setelah mendengar penjelasan dokter, keluarga lantas meminta pasien dibawa pulang. Keluarga pun menandatangi surat penolakan perawatan di hadapan petugas medis dan camat.

"Pasien lalu dibawa pulang dalam kondisi belum stabil, hingga kami dapat informasi pasien ini sudah meninggal tadi," kata dia.

Dengan demikian, total pasien rabies yang meninggal di Kabupaten Timor Tengah Selatan menjadi 10 orang.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/11/165452678/satu-lagi-warga-tts-meninggal-karena-rabies

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke