Salin Artikel

Leni, Siswi di Wakatobi, bersama Adiknya Pernah Jadi Tulang Punggung Keluarga

BAUBAU, KOMPAS.com – Leni (15), seorang anak yatim piatu yang jalan kaki ke sekolahnya sejauh 14 kilometer (KM) di SMA Negeri1 Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mengungkapkan bila ia dan adik lelakinya, Juma, menjadi tulang punggung keluarganya. 

Leni mengatakan, ia setiap hari berjualan kelapa di pasar sementara adiknya pernah putus sekolah dan bekerja menjadi buruh bangunan. 

“Tapi, sekarang adikku sudah tidak bekerja lagi ( buruh bangunan) karena sudah dilarang. Adikku sudah lanjut sekolah lagi,” kata Leni, kepada Kompas.com, Jumat (10/11/2023). 

Leni mengatakan, bahwa hasil dari jualan kelapa di pasar setiap harinya sekitar Rp 100.000 dan uang itu digunakan setiap hari. 

“Uangnya digunakan untuk keperluan sehari-hari. Ada juga uang saya tabung untung beli buku,” ujar dia. 

“Tapi, sekarang saya tidak jualan lagi (kelapa) karena tidak ada motor. Kemarin waktu jualan pakai motor om ku, tapi motornya sekarang rusak,” ucap Leni. 

Leni tinggal bersama adiknya, Juma di rumah neneknya yang sedang sakit stroke dan lumpuh. Setiap hari ketiganya terkadang dibawakan makanan dari keluarganya. 

Sementara adik bungsunya, Dewi yang kelas 5 Sekolah dasar tinggal bersama keluarganya yang lain. 

“Saya ingin kuliah dan saya bercita-cita menjadi pengusaha,” tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, Leni (15), seorang anak yatim piatu di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, rela berjalan kaki ke sekolahnya sejauh 14 kilometer. 

Panasnya terik matahari tidak menyurutkan niat Leni berjalan kaki untuk menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Wangiwangi. 

“Saya tidak minder dengan teman-teman lain. Saya dari SD sudah berjalan kaki,” kata Leni, Selasa (7/11/2023). 

https://regional.kompas.com/read/2023/11/10/104351278/leni-siswi-di-wakatobi-bersama-adiknya-pernah-jadi-tulang-punggung-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke