Salin Artikel

Berkumpul di Rumah FX Rudy, Seniman dan Budayawan Soloraya Nyatakan Dukung Ganjar-Mahfud

Dukungan itu mereka lakukan di kediaman Ketua DPC PDI-P Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Pucangsawit, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Senin (6/11/2023) malam.

Selain memberikan dukungan, mereka juga siap mengantarkan pasangan Ganjar-Mahfud MD untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebelum mendeklarasikan dukungan, para pelaku seniman dan pelaku budaya melakukan kirab "Memetri Bumi Aji".

Setelah itu, mereka berkumpul di halaman pendopo kediaman mantan Wali Kota Solo dua periode. Perwakilan pelaku seniman dan budaya membacakan deklarasi dukungan.

Berikut deklarasi dukungan tersebut:

Kami adalah pewaris sah seni, budaya dan tata nilai bangsa Indonesia yang kami junjung tinggi ketika memasuki ruang kesepahaman nilai yang dengannya masyarakat akan terpandu dalam ruang toleransi. Dalam pengertian ini, kami yakini bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang hidup dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat pendukungnya.

Kami terus menyimak, mengamati dan mengikuti isu-isu terkirni terkait proses pergantian kepemimpinan nasional yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang. Tentu saja semua penyimakan, pemangatan dan pematauan itu kami lakukan dari sudut pandang yang kami tempati selama ini selaku pelaku seni dan pelestari nilai-nilai budaya bangsa.

Dalam proses tersebut, kami terhenyak karena menemukan sejumlah manipulasi nilai-nilai budaya bangsa untuk dengan berbagai cara meraih melanggengkan kekuasaan. Perilaku itu bisa berdampak kita mengalami kemunduran demokrasi dan melabrak tata nilai dan etika bangsa, untuk itu, kami merasa perlu untuk berada pada posisi berpihak kepada kemajuan dengan mengedepankan etika politik bangsa.

Namun demikian, kami masih menemukan secercah harapan yang kami temukan dari pengamatan kami ada salah satu pasangan yang akan maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Kami menemukan ada harapan pemertahanan dan pelestarian nilai-nilai budaya bangsa itu pada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Atas semua penyimakan, pemangatan dan pematauan tersebut maka dengan sepenuh kesadaran pribadi, para seniman dan pelaku budaya di Solo Raya menyampaikan pernyataan:

- Mendukung pencalonan Ganjar Pranowo - Mahfud MD sebagai pasangan Capres-Cawapres Indonesia dalam Pilpres 2014.

- Dengan seluruh kemampuan kami siap mengantar Ganjar Pranowo - Mahfud MD memimpin Indonesia periode 2024-2029.

"Kita tidak akan bicara banyak, namun kerja yang jelas, fokus untuk memenangkan Ganjar-Mahfud," ungkap Rudy, Senin malam.

Rudy berharap dengan adanya dukungan tersebut, pasangan Ganjar-Mahfud menang dalam satu putaran.

"Kami mohon dukungan dan doa tanggal 14 Februari 2024, kami sangat berharap Ganjar-Mahfud menang dalam satu putaran," jelas Rudy.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/06/224631978/berkumpul-di-rumah-fx-rudy-seniman-dan-budayawan-soloraya-nyatakan-dukung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke