Salin Artikel

Logistik Pemilu Kabupaten Semarang Datang Bertahap, Perakitan Dimulai Desember 2023

UNGARAN, KOMPAS.com - Logistik keperluan Pemilu 2024 secara bertahap mulai diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang.

Terbaru, pada Senin (6/11/2023) dua truk yang mengangkut kotak suara telah melakukan pengiriman.

"Truk pertama mengangkut 3.200 kotak suara, truk kedua ada 1.725 kotak suara. Sementara truk ketiga hingga pukul 13.13 WIB ini belum sampai," jelas Reyta Warastuti, Kasubbag Keuangan, Umum, Logistik, dan Rumah Tangga KPU Kabupaten Semarang.

Reyta mengungkapkan, untuk Pemilu 2024 satu tempat pemungutan suara (TPS) mendapat jatah lima kotak suara. Sehingga total akan ada 16.755 kotak suara.

"Tapi juga ada cadangan di tingkat PPK, masing-masing akan mendapatkan dua kotak suara untuk cadangan," ujarnya.

Menurut Reyta, untuk perakitan logistik Pemilu 2024, terutama kotak suara, akan dimulai pada Desember 2023.

"Perakitan akan dilakukan setelah seluruh logistik diterima KPU Kabupaten Semarang, dijadwalkan dimulai Desember," paparnya.

"Ini juga dijadwalkan minggu ketiga November akan datang juga sebanyak 87.126 segel plastik dari pabriknya di Tangerang. Untuk tinta sudah," kata Reyta.

Mengenai Surat Suara, Reyta mengungkapkan belum mengetahui jadwal kedatangannya.

"Kemarin kan DCT (Daftar Caleg Tetap) baru ditetapkan, termasuk masih menunggu pasangan calon presiden-wakil presiden, jadi kita juga masih menunggu," ungkapnya.

Reyta juga menambahkan, untuk pengamanan gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024, selain melibatkan kepolisian juga akan ada penjaga gudang.

"Sudah ada rekruitmen untuk penjaga gudang, minggu ini sudah terisi dan langsung bekerja. Jadi ada pengamanan eksternal dan internal," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/06/145945678/logistik-pemilu-kabupaten-semarang-datang-bertahap-perakitan-dimulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke