Salin Artikel

Ini Makna Tradisi Memasak Pepaya Muda Saat Aktivitas Gunung Slamet Meningkat

Tradisi yang biasa disebut "gandulan" ini dilakukan secara turun-temurun untuk memohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa agar terhindar dari bahaya.

Lantas apa makna tradisi ini?

Tokoh masyarakat Desa Kedungmalang, Kecamatan Sumbang, Darto mengatakan, pepaya atau warga lokal menyebutnya gandul ini memiliki filosofi.

"Kenapa gandul? Karena Gunung Slamet ini menjadi gegandulaning (pegangan) bagi banyak warga di beberapa kabupaten," kata Darto di sela doa tradisi gandulan di desanya, Jumat (3/11/2023) malam.

Menurut Darto, banyak warga yang selama ini menggantungkan hidup dari Gunung Slamet. Tak terkecuali warga di desanya yang berjarak 25 kilometer dari puncak Gunung Slamet.

"Air yang kita nikmati ini berasal dari Gunung Slamet. Untuk itu, kita berdoa agar Gunung Slamet jangan sampai meletus," ujar Darto kepada para warga.

Meski begitu, tidak ada yang mengetahui secara pasti sejak kapan tradisi ini dilakukan. Namun yang jelas, setiap aktivitas Gunung Slamet meningkat warga akan menggelar tradisi ini.

Kaur Pemerintahan Desa Kedungmalang, Sunar Budiyanto mengatakan, jika ditarik ke era sekarang, tradisi ini memiliki dampak positif.

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga RT 1 RW II, Desa Kedungmalang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar doa bersama, Jumat (3/11/2023) malam.

Doa bersama ini untuk meminta keselamatan karena aktivitas Gunung Slamet naik dari level I (normal) ke level II (waspada).

Dalam acara ini juga digelar tradisi unik, yaitu makan bersama dengan lauk oseng pepaya muda atau yang dimasak oleh warga setempat.

Acara diawali dengan doa bersama yang diikuti anak-anak hingga orangtua. Kemudian dilanjutkan makan bersama dengan menu utama oseng pepaya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/04/044900678/ini-makna-tradisi-memasak-pepaya-muda-saat-aktivitas-gunung-slamet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke