Salin Artikel

Industri Penerbangan Sedang Tidak Baik-baik Saja, Harga Avtur Tak Merata dan Jumlah Pesawat Berkurang

Hal ini terungkap dalam diskusi Kompas100 CEO Forum ke-14 di Balikpapan pada Rabu (1/11/2023).

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi mengaku banyak mendapat desakan dari masyarakat untuk menurunkan harga tiket pesawat. Namun, tidak meratanya harga avtur menjadi permasalahan bagi maskapai penerbangan.

Daniel mencontohkan harga avtur di Jakarta hari ini tembus Rp 15.027 per liter, sedangkan harga avtur di Semarang Rp 17.000 per liter.

Kondisi ini membuat banyak pengusaha maskapai penerbangan yang lebih memilih mengisi bahan bakar di Jakarta lantaran harganya murah. Namun, di sisi lain, pesawat akan membuang sebagian bahan bakar dalam perjalanannya menuju Jakarta.

“Konsekuensinya lebih mahal (di luar Jakarta). Nah, ini yang menjadi simalakama. Kami berharap pemerintah dapat mencarikan solusi agar mengurangi beban operasional industri,” tutur Daniel.

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui kondisi industri penerbangan Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Budi menyebut jumlah pesawat saat ini semakin berkurang pascapandemi Covid-19.

Pihaknya kesulitan melakukan penerbangan lantaran jumlah pesawat jenis ATR yang biasa digunakan untuk melayani tujuan daerah terpencil berkurang drastis. Hal ini dikarenakan tidak ada suku cadang.

“Kami yang termasuk selalu membangun konektivitas udara ini tetap berjalan dengan baik. Kami ingin duduk bersama dengan Bu Menkeu apa yang harus kita lakukan karena avtur adalah 40 persen daripada cost. Jadi, apabila harga avtur bisa diturunkan sama seperti Singapura, itu sangat membantu,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/02/011013478/industri-penerbangan-sedang-tidak-baik-baik-saja-harga-avtur-tak-merata-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke