Salin Artikel

Sekeluarga di Lebak Alami Kebutaan, Kemensos Turun Tangan Bawa ke RS

LEBAK, KOMPAS.com - Kementerian Sosial (Kemensos) turun tangan menangani satu keluarga di Lebak yang alami kebutaan mata.

Tim Kemensos membawa Rusmani (70) dan kelima anaknya Rohimi (50), Hindun (40), Maesaroh (35), Junaedi (34), dan Kokom (27) ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

Camat Warunggunung, Apip Saepudin mengatakan, keluarga Rusmani akan dibawa ke RSUD Banten untuk diperiksa kondisi matanya. Jika diperlukan, mereka akan dibawa ke Jakarta.

“Dibawa dulu ke RSUD Banten untuk diperiksa, untuk penanganan lebih lanjut kemungkinan akan dibawa ke Jakarta juga,” kata Apip kepada wartawan di kediaman Rusmani, Senin (30/10/2023).

Tim yang membawa Rusmani dan keluarganya adalah dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos Galih Pakuan Bogor.

Kokom sendiri mengalami kebutaan pada 2018 dengan gejala awal sakit kepala dan matanya berair.

“Sakit kepala berbulan-bulan, setelahnya enggak bisa melihat total, pas dibawa ke rumah sakit katanya sudah gak bisa disembuhkan,” tutur dia.

Gejala tersebut juga dialami kakak dan adik Kokom dan juga ayahnya Rusmani sebelum mereka tidak bisa melihat.

Hingga saat ini, kata Kokom, mereka tidak pernah lagi berobat, selain karena tidak tahu penyebabnya, juga karena keterbatasan biaya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/30/154912078/sekeluarga-di-lebak-alami-kebutaan-kemensos-turun-tangan-bawa-ke-rs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke