Salin Artikel

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran 6 Kantor OPD di Jayapura

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pihak Kepolisian Resor Jayapura masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di Gedung D Kompleks Kantor Bupati Jayapura, Papua, pada Minggu (29/10/2023) pagi. Akibat kebakaran tersebut, enam kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) habis terbakar.

"Untuk penyebab kebakaran belum diketahui karena tim masih berada di lokasi untuk penyelidikan. Kita tunggu hasil penyelidikan," kata Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen melalui keterangan tertulis, Minggu malam.

Frederickus menyebut, kebakaran berasal dari lantai 3. Api lalu merembet hingga ke lantai 1.

"Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIT. Api pertama terlihat dari lantai 3 dan turun ke lantai 1. Semua bangunan habis terbakar," ujarnya.

Enam kantor dinas yang hangus dalam kebakaran yaitu kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perikanan.

Pihaknya akan meningkatkan pengamanan di kompleks perkantoran itu untuk mencegah kejadian berulang. Sebab, kebakaran di kompleks kantor Bupati Jayapura ini adalah yang ketiga kalinya dalam tiga bulan terakhir. Sebelumnya, kebakaran di kompleks perkantoran itu menghanguskan Kantor Dinas Pendapatan dan Kantor KPU pada 17 Agustus 2023 dan Kantor Kementerian Agama pada 1 September 2023.

"Aparat Polres sudah meningkatkan pengamanan di kawasan perkantoran Pemda Jayapura di Gunung Merah Sentani, namun dengan adanya insiden ini maka akan dibahas kembali terkait penjagaan keamanan agar tidak terulang kembali," kata Fredrickus.

Usut tuntas

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo meminta kasus kebakaran itu diusut secara tuntas.

“Kejadian ini supaya diusut tuntas, sebab-sebab kebakaran dan pelakunya supaya kejadian ini tidak terulang lagi karena aset negara harus terbakar percuma,” kata Triwarno seperti dikutip Antara.

Pihaknya akan mengevaluasi dan memperketat penjagaan di kompleks perkantoran itu. Penjagaan akan diperketat terutama di luar jam kantor.

“Di waktu-waktu ini pengamanan harus lebih diperketat, bagi yang tidak berkepentingan jangan ada yang berada di lingkungan kantor kecuali petugas jaga,” ujarnya.

Sumber: KOMPAS.com (Penulis: Dhias Suwandi | Editor: Farid Assifa), Antara

https://regional.kompas.com/read/2023/10/30/122651878/polisi-selidiki-penyebab-kebakaran-6-kantor-opd-di-jayapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke