Salin Artikel

Pengamat Sebut Gibran Punya Efek Elektoral yang Besar untuk Prabowo

Selain dari jaringan relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terbilang besar, Gibran juga diprediksi bakal meraup banyak suara dari kaum muda. Hal ini tak dimiliki Bakal Cawapres lainnya yakni Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar. 

“Tidak hanya jaringan relawan Jokowi yang akan bergeser ke Pak Prabowo, tapi suara pemilih muda bisa teraup. Karena kalau melihat dari yang lain seperti Mahfud MD dan Muhaimin itu basis di kalangan muda kurang begitu mantap. Tapi kalau dengan Gibran itu salah satu benefit elektoralnya di sana,” tutur Wahid, Sabtu (21/10/2023).

Basis kuat relawan Jokowi juga sudah terbukti memenangkan anak dan menantunya di kontestasi Pilkada. Hal ini menjadi modal penting sekaligus nilai tambah Gibran untuk memenangkan Pilpres.

“Bagaimana Pak Jokowi mampu mengonsolidasi kelompok pengusaha dan itu mampu dibuktikan di Pilkada Solo dan Medan ketika anak dan menantunya itu didorong menjadi wali kota,” bebernya.

Hanya saja, Wahid menegaskan ada catatan penting soal stigma dinasti politik yang mesti dihadapi oleh Putra Sulung Presiden Jokowi itu.

“Namun ingat, dengan terpilihnya Gibran, jadinya ada stigma melanggengkan dinasti politik. Itu yang harus diperhatikan. Tinggal bagaimana nanti PR-nya meminimalisir sisi negatif soal politik dinasti yang sering dipersoalkan, efek elektoralnya pasti luar biasa," lanjutnya.

“Tapi di belakang sering terlihat bagaimana gimik, bahasa tubuh, atau respons yang tampaknya kurang nyaman dibandingkan dengan Prabowo. Kemarin ketika kasus Piala Dunia U-21, itu kan kelihatan sekali dari sana meskipun di depan panggung tampak baik-baik saja,” paparnya.

Putusan MK soal batas usia capres-cawapres, dinilai sebagai langkah Jokowi menempatkan anak biologis sekaligus ideologisnya untuk meneruskan kepemimpinannya.

“Meskipun Jokowi tidak menyatakan dukungan secara lisan, tetapi dengan diridhoinya atau diwakafkannya Gibran itu, sudah bisa menunjukkan dukungannya secara ga langsung,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/22/205415678/pengamat-sebut-gibran-punya-efek-elektoral-yang-besar-untuk-prabowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke