Salin Artikel

Logistik Pilpres 2024 Mulai Tiba di Salatiga, Gudang KPU Dijaga Berlapis

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga Syaemuri mengatakan, permintaan logistik tersebut sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Salatiga.

"Jumlah TPS ada 652, setiap TPS bilik ada empat dan kotak suara lima buah," jelasnya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi di Lapangan Mapolres Salatiga, Jumat (20/10/2023).

"Tapi ini yang jumlah pengirimannya belum tahu, karena hari ini baru sampai. Nanti selanjutnya dibongkar dan dicek kondisi sekalian dihitung, kalau ada kerusakan nanti disampaikan untuk diganti," kata Syaemuri.

Syaemuri mengungkapkan, logistik tersebut ditempatkan di satu gudang besar yang berada di Jalan Lingkar Salatiga. "Sekarang terpusat, tidak lagi per kecamatan. Ini juga untuk memermudah penghitungan dan distribusi nantinya," jelasnya.

Dikatakan, selain dari pengamanan internal KPU Kota Salatiga, gudang tersebut juga dijaga aparat dari kepolisian dan TNI. "Kita telah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk pengamanan gudang logistik, jadi memang berlapis demi keamanan," jelas Syaemuri.

Sementara Kapores Salatiga AKBP Aryuni Novitasari mengatakan total ada 400 aparat gabungan yang ditugaskan dalam Operasi Mantap Brata Candi 2023.

"Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dan kondisi anggota, termasuk juga sarana dan prasarana dalam tugas pengamanan tahapan pemilu," jelasnya.

Menurut Aryuni, dari identifikasi awal TPS di Salatiga termasuk kategori kurang rawan. "Istilahnya termasuk aman, tapi meski begitu karena ini bersifat dinamis maka kami selalu melakukan langkah antisipasi, menyesuaikan pergerakan dan perkembangan," ungkapnya.

Aryuni mengimbau masyarakat untuk tetap menciptakan situasi kondusif meski beda pilihan dalam pesta demokrasi tersebut. "Berbeda itu hal wajar, tapi yang penting dan utama adalah menjaga persatuan dan saling menghormati," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/20/101745678/logistik-pilpres-2024-mulai-tiba-di-salatiga-gudang-kpu-dijaga-berlapis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke