Salin Artikel

Kesaksian Isak, Pekerja Bangunan yang Sempat Dikepung KKB: Saya Lari Sekuat Tenaga

Dalam serangan tersebut, rekan Isak yang bernama Oto meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan dua kawannya yang lain mengalami luka akibat anak panah dan parang.

Didatangi sekelompok orang

Menurutnya, KKB datang saat 22 orang pekerja pembangunan Puskesmas Pintu Air sedang berkumpul sembari meminum kopi, Kamis (19/20/2023).

Isak melihat dari kejauhan ada sekelompok orang berjalan menuju ke lokasi para pekerja.

"Kita sudah lihat dari arah barat, sudah gerombolan datang. Pas kita sudah lihat, kita semua kumpul di pondok ditutup terpal, kami kira mau datang minum kopi juga atau bagaimana kah," ujar Isak, Jumat (20/10/2023).

Namun saat diamati lebih detail, mereka ternyata membawa senjata api dan benda tajam. Barulah para pekerja itu sadar bahwa yang mendatangi mereka adalah KKB.

Saat tiba di lokasi pembangunan, KKB yang berjumlah sekitar 10 orang itu langsung mengelilingi para pekerja sembari menodongkan senjata.

Menurut Isak, KKB sempat meminta penduduk setempat yang ada bersama para pekerja untuk keluar dari tenda sebelum insiden penyerangan.

"Kita baru lihat, mukanya hitam semua. Mereka tidak bicara, cuma masyarakat saja yang ada di tempat kami yang disuruh keluar," kata dia.

Lari sekuat tenaga

Isak menyebutkan, salah satu anggota KKB berusaha menembak para pekerja menggunakan pistol. Pada percobaan pertama, senjata itu gagal meletus.

"Pas (KKB) sudah datang, ternyata kita sudah dikelilingi, sudah siap memanah baru tembak lagi. Teman satu tidak kena tembak karena senjata tidak bisa bunyi, ditembak ke arah langit (atas) baru bunyi, kami semua berhamburan," tuturnya.

Isak pun kemudian berlari sekuat tenaganya.

Setelah itu, ia mengaku tidak tahu lagi kondisi di lokasi kejadian dan bagaimana nasib para temannya karena dia terus berlari hingga sampai di Pos Kotis.

"Saya lari saja sekuat tenaga, dikejar tapi tidak bisa dapat. Saya tidak tahu juga bagaimana korban meninggal karena saya cuma lari tidak pernah nengok ke belakang," kata Isak.

Jari tangan terluka

Sementara pekerja lainnya bernama Marthen mengaku dirinya sangat panik saat KKB mulai melepaskan tembakan.

"Kita di dalam tenda baru dia datang langsung serang. Dia kasih tunjuk pistol, parang, panah. Dia kasih bunyi pistol baru kita lari," tuturnya.

Ia pun mengaku tidak sadar bahwa jari tangannya terluka. Marthen menduga ia sempat menahan sabetan parang yang diayunkan salah satu anggota KKB.

"Ini tidak tahu tangan kenapa, kita (saya) lari baru di tengah jalan lihat (jari) tangan sudah putus," ungkapnya.

Marthen tidak mengetahui jumlah pasti KKB yang datang ke lokasi kerjanya, namun ia sempat melihat bahwa ada rombongan lain yang juga akan pergi ke tempat itu.

"Pelaku banyak, yang duluan lebih dari 10, yang di belakang banyak sekali," sebut Marthen.

Serangan KKB, 1 tewas

Diberitakan sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang para pekerja yang sedang membangun puskesmas di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Kamis (19/10/2023).

Jumlah pekerja saat terjadi penyerangan sebanyak 22 orang. Satu pekerja ditemukan meninggal dunia.

"Benar, Kamis siang telah terjadi penyerangan terhadap para pekerja pembangunan Puskesmas Kepala Air. 19 orang berhasil selamat, dua pekerja terkena panah dan satu meninggal dunia," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani melalui keterangan tertulis, Kamis malam.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/20/092220978/kesaksian-isak-pekerja-bangunan-yang-sempat-dikepung-kkb-saya-lari-sekuat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke