Salin Artikel

130 Rumah Warga Aceh Barat Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 1 Meter

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan ketinggian air yang merendam pemukiman warga itu mencapai hingga satu meter.

"Banjir terjadi sekitar pukul 02.30 WIB dini hari, ketinggian air sekitar 1 meter di halaman rumah warga," kata Ilyas dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Ilyas menyebutkan, banjir yang merendam rumah warga itu diakibatkan meluapnya Krueng (Sungai) Meureubo setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Aceh Barat.

"Hujan terjadi sejak Senin (16/10/2023) pukul 17.30 WIB, akibatnya Krueng Meureubo meluap hingga menggenangi wilayah Kecamatan Pante Ceureumen dan sekitarnya," ujarnya.

Ilyas menyebutkan, adapun delapan desa yang terendam banjir di Kecamatan Pante Ceureumen yaitu Desa Seumantok, Keutambang, Jambak, Canggai, Pulo Teungoh, Lango, dan Berdikari.

"Dampak dari banjir itu di  Desa Seumantok ada 106 rumah warga terendam bajir, Desa Keutambang 10 rumah,  Desa Jambak 6 rumah, dan Desa Canggai 8 Rumah, sementara desa lainnya masih dalam pendataan," terangnya.

Ilyas memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, saat ini petugas BPBD Aceh Barat sedang melakukan pendataan terhadap warga yang mengungsi.

"Kalak BPBD Aceh Barat dan tim turun ke lokasi untuk memantau, koordinasi dan pelaporan bersama Camat Pante Ceureumen, kondisi terakhir air belum surut," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/17/105243578/130-rumah-warga-aceh-barat-terendam-banjir-ketinggian-air-capai-1-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke