Salin Artikel

Saat Tiga Pebalap MotoGP Tanam Terumbu Karang dan Bersih Pantai di Mandalika...

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Tiga pebalap MotoGP turut serta dalam kegiatan sosial menanam terumbu karang dan bersih pantai di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (12/10/2023).

Tiga pebalap tersebut yakni Maverick Vinales, Miguel Oliveira dari tim Aprilia Ducati dan Takaaki Nakagami dari tim Honda.

Selain pebalap MotoGP, tiga pebalap Moto2 juga hadir dalam kegiatan menanam terumbu karang itu. Yakni, Alonso Lopez, Manuel Gonzalez dan Ayumu Sasaki.

Sebelum melakukan kegiatan menanam terumbu karang, para pebalap disambut dengan tari gandrung khas Lombok.

Bahkan, para pebalap turut berjoget dengan para penari gandrung dengan diiringi musik tradisional.

Setelah disambut tarian gandrung, para pebalap kemudian memulai menanam terumbu karang dengan dipandu oleh petugas dari Universitas Negeri Mataram (Unram).

Setelah melakukan penanaman terumbu karang, mereka kemudian berlanjut pada kegiatan bersih pantai. Para pebalap mengenakan topi capil petani khas Lombok sambil membawa kantong plastik tempat sampah.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi menilai, side event MotoGP tersebut merupakan edukasi bagus untuk keberlangsungan alam di Mandalika.

"Penanaman terumbu karang yang merupakan kehidupan laut, botani laut yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan dan kemaslahatan kehidupan kita di daratan karena terumbu karang itu memiliki manfaat bukan hanya di dalam laut, tetapi juga di darat untuk alam  memperkecil risiko akibat perubahan iklim dan cuaca," kata Lendek di sela kegiatan mengikuti para pebalap.

Menurut Lendek, kegiatan sosial ini akan terus berlanjut dalam event-event Mandalika selanjutnya.

"Ini merupakan ruang edukasi promosi laut Mandalika, kehidupan yang ada di sekitar Mandalika ini. Ini merupakan literasi bagi kita dengan kehadiran para pebalap yang ikut serta mencitai lingkungan," kata Lendek.

Seperti diketahui, sejumlah pebalap MotoGP sudah tiba di Lombok, NTB. Mereka akan mengikuti balapan pada 13-15 Oktober nanti.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/12/142423478/saat-tiga-pebalap-motogp-tanam-terumbu-karang-dan-bersih-pantai-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke