Salin Artikel

Pilkades di Demak Viral karena Rusuh, Kapolda Jateng Wanti-wanti Soal ini

SEMARANG, KOMPAS.com - Video kericuhan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Kembangan, Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng) viral di media sosial. Pasalnya, kericuhan tersebut berlanjut hingga Senin (9/10/2023) malam.

Melalui video yang dipostingan akun Instagram @demakhariini dijelaskan jika kericuhan di Desa Kembangan tak berhenti saat perhitungan suara. 

Massa pendukung calon lurah yang kalah terlihat mendatangi rumah calon rumah yang menang melalui perhitungan suara. Kericuhan tersebut diduga disebabkan karena saling ejek kedua belah pihak.

"Desa Kembangan Bonang kembali bergejolak malam ini usai gelaran Pilkades," tulis akun tersebut dalam keterangannya.

Menanggapi hal itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, akan membuat satgas cooling system agar kericuhan yang terjadi di Kabupaten Demak tak terulang kembali. 

"Jadi begini, pemilu itu kan memilih sesuatu. Boleh masyarakat panas tapi tidak boleh meledak," jelasnya saat ditemui di Hotel Patra Semarang, Selasa (10/10/2023). 

Satgas tersebut nantinya akan mendinginkan suasana pemilu baik di lapangan maupun di media sosial. Satgas cooling system itu akan diadakan hingga tingkat kota dan kabupaten

"Motor kalau panas ada radiatornya. Ini akan kami bersama lakukan," ucap Luthfi mencontohkan

Kapolda Jateng menyebut, sebanyak 22 ribu personel akan diterjunkan guna mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di lebih dari 117 ribu titik. 

"Pengamanan akan dilakukan secara sinergi antara TNI-Polri," ucapnya.

Hari ini, lanjutnya, juga sudah dilakukan penandatanganan kerja sama antara Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro terkait SOP pengamanan pemilu.

Melalui kerja sama tersebut, Kapolda Jateng berharap Pemilu 2024 di Jateng dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta persatuan dan kesatuan di masyarakat tetap terjaga.

"Dalam proses pemilu boleh saja terjadi perbedaan pilihan, Situasi bisa saja memanas, tapi prinsipnya persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus tetap dijaga karena nafas kita persatuan dan kesatuan di atas segala-galanya," pesannya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/10/183612778/pilkades-di-demak-viral-karena-rusuh-kapolda-jateng-wanti-wanti-soal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke