Salin Artikel

Permintaan Hapus Sinyal Internet Disetujui, Baduy Dalam Kini Jadi "Blankspot"

Kini, wilayah tanah ulayat Baduy Dalam bebas dari sinyal internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Anik Sakinah mengatakan, permintaan tersebut direspons oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Agustus lalu.

“Bulan Agustus sudah pengendalian, memang kami belum terima surat resminya, tapi sudah di-off-kan, seperti itu hasil dari kajian mereka,” kata Anik kepada wartawan di Kantor Bupati Lebak, Jumat (6/10/2023).

Sebelum dilakukan penghapusan sinyal, pemerintah dan perwakilan Suku Baduy melakukan kesepakatan wilayah mana saja yang dilakukan blankspot.

Berdasarkan permintaan, wilayah yang dilakukan blankspot antara lain adalah kawasan Baduy Dalam di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

“Menurut Ulayat Baduynya, Baduy Dalam saja, dan sudah dilaksanakan, itu ranah Kominfo (yang melakukan penghapusan),” kata dia.

Teknisnya, kata Anik, penghapusan sinyal dilakukan oleh provider pemilik menara Base Transceiver Station (BTS) dengan mengalihkan pancaran sinyal dari tadinya ke Baduy menjadi ke area lain.

“Jadi provider yang me-off-kan, atas permintaan dari Kementerian, kami dinas gak bisa ya, jadi Kementerian,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, pada Juni 2023, beredar surat permintaan dari Suku Baduy yang menginginkan sinyal internet dihapus di wilayahnya.


Kepala Desa Kanekes, Saija, menyatakan surat permohonan itu dilayangkan ke pemerintah setelah melalui musyawarah antar Barisan Kolot di Baduy.

Para Barisan Kolot dari Lembaga Adat Baduy disebut keberatan dengan keberadaan dua tower sinyal internet yang memancar ke wilayah Tanah Ulayat Baduy.

“Arahan dari Lebaga Adat Baduy ada dua pemancar, satu di Cijahe dan kedua di Sobang sinyalnya diarahkan ke luar Baduy,” kata Saija kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (8/6/2023).

Menurut Saija, keberadaan sinyal internet terutama di wilayah Baduy Dalam membawa dampak negatif untuk warga Baduy.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/06/214003778/permintaan-hapus-sinyal-internet-disetujui-baduy-dalam-kini-jadi-blankspot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke