Salin Artikel

Tim SAR Kerahkan Sejumlah Kapal Cari Wisatawan China yang Hilang di TN Komodo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Tim SAR Gabungan kembali melaksanakan pencarian terhadap wisatawan asal China bernama Yi Liu (27) yang hilang saat berwisata di Pantai Long Beach, Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Selasa (3/10/2023). Sejumlah kapal dikerahkan dalam pencarian ini.

Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan mengatakan, tim SAR Gabungan memulai pencarian pada hari kedua ini sejak pukul 06.30 Wita.

"Kita mengerahkan tujuh alat utama untuk pencarian di permukaan laut Pantai Long Beach, yaitu kapal RIB Pos SAR Manggarai, Sea Rider KSOP Labuan Bajo, Sea Rider Lanal Labuan Bajo, RIB Polair Labuan Bajo, RIB Polair Labuan Bajo, kapal wisata pinisi Qifadzah dua unit, kapal wisata open deck Cahaya Mulia dan sekoci,” ungkap Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

Pencarian difokuskan di permukaan laut Pantai Long Beach dengan melakukan penyisiran menggunakan sejauh tiga nautical mile (NM) dan snorkeling oleh tim SAR Gabungan.

"Semoga korban bisa ditemukan hari ini," imbuhnya.

Sebelumnya, wisatawan asal China bernama Yi Liu (27) dilaporkan hilang di sekitar perairan Pantai Long Pink Beach, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Selasa (3/10/2023).

Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyantoi Ridwan menjelaskan, wisatawan itu dikabarkan hilang sejak pukul 10.00 Wita.

Korban datang ke Pantai Long Pink Beach, Taman Nasional Komodo, bersama rombongan untuk berwisata dengan kapal wisata Qifadzah 03.

Korban dan rombongan tiba di Pantai Long Pink Beach sekitar pukul 08.30 Wita. Saat itu, kapten kapal menyarankan agar seluruh penumpang turun untuk menikmati keindahan alam di sana.

“Sekitar pukul 10.00 Wita, seluruh wisatawan kapal wisata Qifadzah diinstruksikan untuk kembali ke kapal. Tetapi, saat pendataan manifes korban tidak ada di tempat," ungkap Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa sore.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/04/134617678/tim-sar-kerahkan-sejumlah-kapal-cari-wisatawan-china-yang-hilang-di-tn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke