Salin Artikel

Wapres Minta 62 Bupati Daerah Tertinggal Aktif Melakukan Intervensi

Hal ini disampaikan wapres saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Afirmasi PPDT di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/10/2023).

Dia mengatakan ada 62 kabupaten yang pada tahun 2020 ditetapkan sebagai fokus percepatan pembangunan daerah tertinggal. 

"Para Bupati 62 daerah tertinggal agar aktif mendukung kebijakan terkait, lewat beragam intervensi yang tepat sasaran dan sinkron dengan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi," katanya. 

Selain itu dia juga mengingatkan agar setidaknya 25 kabupaten tertinggal bisa dientaskan. Hal ini sebagaimana target RPJMN 2020–2024.

"Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi dan mengupayakan semaksimal mungkin," tuturnya.

Kemudian, dia mengingatkan agar kepala daerah memperkuat kebijakan afirmasi melalui kolaborasi lintas sektor yang telah dikoordinasikan oleh Kemenko Bidang PMK, Kementerian PPN/Bappenas, Kemendagri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Desa PDTT.

Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi upaya pengentasan ketertinggalan dan kemiskinan yang dilakukan Provinsi Sulawesi Tengah.

"Khususnya pada tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Tojo Una-una, sehingga dapat terentaskan dari ketertinggalan," tuturnya.

Ma'ruf berharap keseriusan ini dapat diikuti oleh para pemimpin daerah di provinsi lain yang masih memiliki daerah tertinggal untuk menjadi perhatian bersama.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/04/014732678/wapres-minta-62-bupati-daerah-tertinggal-aktif-melakukan-intervensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke