Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Anies Sebut Rumahnya Sering Dipakai Pengajian | Kecelakaan Minibus Vs Bus di Tol Semarang

KOMPAS.com - Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan mengaku memiliki kenangan dengan Pondok Pesantren (ponpes) Al Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng).

Pernyataan itu dilontarkan Anies ketika berpidato di hadapan para santri ponpes yang identik dengan almarhum KH Maemoen Zubair atau Mbah Moen itu.

Sementara itu, kecelakaan yang melibatkan minibus dan bus terjadi di Jalan Tol Jatingaleh, Kota Semarang, Jateng.

Dalam video yang beredar, tampak para penumpang yang menjadi korban kecelakaan tersebut berada di samping minibus.

Kedua berita tersebut bersama tiga artikel lainnya mendapat sorotan dari para pembaca Kompas.com, pada Senin (2/10/2023).

Berikut 5 artikel Populer Nusantara selengkapnya:

1. Anies Baswedan di Ponpes Al Anwar Sarang

Di hadapan para santri Ponpes Al Anwar, Anies mengaku sempat bersilaturahmi dengan Mbah Moen.

"Alhamdulillah 10 tahun kemudian saya kembali ke sini, tapi di antara itu, sekarang yang kumpul para santri," kata Anies, Minggu (1/10/2023).

Anies juga menceritakan tentang para alumni ponpes tersebut yang rutin mengadakan pengajian di rumah dinasnya saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Di Jakarta, saya ada urusan dengan Sarang, kenapa? Karena alumni Sarang itu kalau pengajian rutin di rumah gubernur DKI Jakarta," ujar Anies yang disambut tepuk tangan dari para santri.

"Dan satu-satunya alumni yang rutin pakai rumah gubernur ya alumni (ponpes) Sarang ini," sambungnya.

Baca selengkapnya: Pidato di Hadapan Para Santri Sarang Rembang, Anies Cerita Rumah Dinasnya Sering Dipakai Pengajian Rutin

Kasubnit 2 Gakkum Satlantas Polrestabes Semarang, Ipda Agus Tri Handoko mengatakan, minibus yang terguling di Tol Jatingaleh lebih dulu tertabrak bus Hino yang melaju di belakangnya.

"Semula Bus Hino warna merah melaju dari arah Jatingaleh ke Manyaran," ucap Agus, Senin (2/10/2023).

Menurut data yang diperoleh pihaknya, Agus menyampaikan, sopir bus Hino diduga kurang waspada dengan situasi di depan dan tidak menjaga jarak aman saat berkendara.

"Sehingga terjadi kecelakaan dengan Isuzu minibus, warna biru," jelasnya.

Baca selengkapnya: Minibus Terguling Setelah Diseruduk Bus di Tol Jatingaleh Semarang

Mbok Yem, sang pemilik warung legendaris di Gunung Lawu disebut enggan turun meski kebakaran melanda hutan dan lahan di lokasi tersebut.

Meski begitu, cucu Mbok Yem, Syaifudin menyatakan bahwa Mbok Yem saat ini dalam kondisi sehat.

Syaifudin menerangkan, anak dan cucu Mbok Yem sudah berencana menjemput Mbok Yem dengan menyiapkan mobil dan peralatan tandu.

"Kemarin sudah kami siapkan jemputan, tetapi Mbok Yem tidak mau turun karena kasihan sama si Temon kucingnya, serta sejumlah hewan peliharaannya. Jadi dia memilih tetap tinggal di puncak," ungkap Syaifudin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (2/10/2023).

Baca selengkapnya: Sang Cucu Sebut Mbok Yem Menolak Turun dari Gunung Lawu yang Terbakar demi Jaga Hewan Peliharaan

Direktorat Narkoba Polda Lampung menangkap kurir narkotika jaringan Fredy Pratama di Palembang, Sumatera Selatan, (Sumsel), berinisial MBS (25).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah memaparkan, penangkapan MBS merupakan hasil pengembangan dari penangkapan anggota jaringan Fredy lainnya yang berinisial MN.

MBS ditangkap saat hendak mengambil sabu di gudang salah satu perusahaan jasa pengiriman barang di Palembang yang dikirim dari Pekanbaru, Riau.

"Peran tersangka sebagai kurir sabu jaringan Fredy Pratama sebanyak empat kali sejak Januari 2021," tutur Umi, Senin (9/10/2023).

Baca selengkapnya: Kurir Bos Narkoba Fredy Pratama Kembali Ditangkap Saat Ambil 62 Kg Sabu

Gubernur Riau, Syamsuar, beserta istrinya menampilkan batik Riau hasil kreasi pebatik daerah saat menghadiri kegiatan Istana Berbatik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada Senin (2/10/2023), di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Batik yang dikenakan orang nomor satu di Riau itu memiliki motif perahu baganduang berpadu bunga kiambang dalam balutan warna kuning dan dongker.

"Alhamdulillah tadi saya bersama istri mengenakan batik Riau saat peragaan busana di hadapan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), dan Ibu Iriana Jokowi," bebernya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Syamsuar menilai, kegiatan tersebut merupakan momen penting untuk mempromosikan batik Riau yang melukiskan kebudayaan warganya di pasar nasional dan internasional melalui acara yang dihadiri duta besar (dubes) sejumlah negara sahabat.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/03/050000978/-populer-nusantara-anies-sebut-rumahnya-sering-dipakai-pengajian-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke