Salin Artikel

Usai Revitalisasi, Taman Balekambang Solo Tak Lagi Gratis

Harga tersebut belum termasuk tiket terusan untuk masuk ke Gedung Perujukan atau wahana lain yang berada di Taman Balekambang.

"Nanti (masuk Taman Balekambang) dilaksanakan oleh pemerintah dan operator itu Rp5.000 untuk masuk saja. Itu hanya untuk masuk dan menikmati beberapa wahana. Kalau ada pertunjukan harus bayar tiket terusan," kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rapat Anggaran Daerah (Raperda) Pajak Retribusi Daerah Solo, Trihono Setyo Putro, dikonfirmasi pada Senin (2/10/2023).

Langka ini diambil, sebagai bentuk penghargaan kepada para seniman yang akan melakoni pementasan di Taman Bersejarah Pura Mangkunegaran itu.

Tarif masuk ke Gedung Pertunjukan untuk Pentas Ketoprak diperkirakan sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000, per orang.

"Ini bukan untuk menggali pendapatan asli daerah. Tapi memberi rewards ke seniman. Yang jelas dengan asumsi pada akhir pekan kita bisa dapat 2.000 hingga 3.000 pengunjung. Mungkin dalam setahun bisa dapat Rp 2 miliar. Itu dari tiket masuk saja. Kalau pertunjukan di dalam tergantung dari calendar event," paparnya.

"Setelah renovasi ini mohon maaf kemampuan keuangan daerah kita ini juga belum pulih 100 persen. Kita perlu tambah keuangan dan pemeliharaan, karena untuk operasional ini harapannya dengan pembayaran ini," jelasnya.

Trihono mengatakan subsidi Pemkot Solo untuk tiket tidak terlalu besar. Pasalnya, Pemkot Solo telah mengeluarkan anggaran tak kecil untuk operasional.

DPRD Solo akan tetap mengawasi pelaksanaan kebijakan penerapan tarif atau berbayar di Taman Balekambang. 

https://regional.kompas.com/read/2023/10/02/182232478/usai-revitalisasi-taman-balekambang-solo-tak-lagi-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke