Salin Artikel

3 Rumah di Bangka Barat Ludes Terbakar, 2 Rumah Bantuan Pemerintah

BANGKA, KOMPAS.com - Sebanyak tiga rumah di daerah Kelapa, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung ludes terbakar, Minggu (1/10/2023).

Api dengan cepat merambat dan membakar tiga rumah yang saling berdekatan karena cuaca panas dan tertiup angin.

"Saat kejadian kondisinya sepi karena warga gang itu sedang pergi maulud nabi dan sebagian acara nikahan," kata Anggota Taruna Siaga Bencana BPBD Bangka Belitung, Jamal saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Jamal menuturkan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Ketiga rumah tersebut dengan cepat terbakar karena merupakan bangunan semi permanen yang banyak material kayu.

"Ada seorang anak dalam rumah tak jauh dari kejadian, tapi dia tak sadar kalau ada kebakaran karena sedang asik main HP," ujar Jamal.

Api yang sudah terlanjur membesar justru diketahui pengendara mobil yang kebetulan melintas di kawasan itu.

Kejadian itu kemudian dilaporkan pada warga lainnya. Namun kobaran api sudah menghanguskan seluruh bagian rumah sampai rata dengan tanah.

Selain tiga rumah yang ludes terbakar, sejumlah rumah warga yang lokasinya berdekatan juga rusak dan retak karena diterpa panas api.

"Dua rumah yang terbakar merupakan rumah bantuan pemerintah yang diserahkan bulan puasa lalu. Sementara satu rumah semi permanen memang milik warga, dihuni anak kelas dua SMA yatim piatu. Baju sekolahnya habis semua," ungkap Jamal.

Kini para pemilik rumah korban kebakaran yang bernama Robinson (51), Amron (43), dan Ferdi Tirtawan (yatim piatu) terpaksa mengungsi ke rumah saudara mereka. Terdapat juga sejumlah wanita dan anak yang terpaksa mencari tempat tinggal sementara.

Dihubungi Senin (2/10/2023), Jamal menambahkan, penyebab kebakaran diduga korsleting dan cuaca panas.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/02/113202078/3-rumah-di-bangka-barat-ludes-terbakar-2-rumah-bantuan-pemerintah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke