Salin Artikel

Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Pembakar SMAN 1 Ilaga

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2023 menangkap satu orang berinisial AK alis Artis (20) yang diduga merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap berulah di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Penangkapan itu dilakukan pada Kamis (21/9/2023) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Kami telah berhasil mengamankan satu orang anggota KKB di Ilaga atas nama AK alias Artis (20) jenis kelamin laki-laki beralamat Kampung Manggume, Distrik Pomukia, Kabupaten Puncak," ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno melalui keterangan tertulis, Senin (26/9/2023).

Saat ditangkap, aparat keamanan tidak mendapatkan barang bukti berupa senjata tajam ataupun senjata api. AK hanya membawa sebuah telepon genggam yang saat ini disita oleh aparat keamanan.

Hasil pemeriksaan diketahui bahwa AK terlibat dalam sejumlah aksi kriminal di Kabupaten Puncak, salah satunya adalah pembakaran gedung SMAN 1 Ilaga pada 17 Agustus 2023.

"Berdasarkan hasil pemeriksaaan, bahwa peran dari saudara AK yaitu pembakaran rumah warga dan basecamp PT Unggul pada 23 Mei 2023 lalu, peran yang kedua ia terlibat pembakaran SMA Negeri 1 Ilaga pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu," kata Bayu.

Bayu pun menegaskan, aparat keamanan akan terus memburu setiap orang yang terkait dengan aktivitas KKB.

"Kami akan terus lakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua" kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/25/121108778/satgas-damai-cartenz-tangkap-anggota-kkb-pembakar-sman-1-ilaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke