Salin Artikel

Puluhan Tahun Dipasung, Perempuan di Ambon Dievakuasi, Diduga Depresi Setelah Ditinggal Suami

Perempuan paruh baya itu dipasung diduga depresi setelah ditipu dan ditinggalkan suaminya. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, keluarga memasung Wai Koi di kamar berukuran kecil.

Bahkan makan dan minum untuk Wai Koi diberikan lewat ventilasi.

Keberadaan Wai Koi diketahui saat petugas mendata lansia di kompleks Pohon Mangga, Air Salobar. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Sosial, Enrico Matitaputty.

"Iya. Wai Koi ditemukan saat petugas mendata Lansia di kompleks Pohon Mangga, Air Salobar. Ternyata ada ODGJ yang dikurung dan dipasung puluhan tahun,” tutur Matitaputty, Jumat (22/9/2023).

Ia mengatakan kejadian pemasungan sudah berlangsung lama dan pihak keluarga tidak pernah menceritakan kondisi yang mereka alami.

“Kejadian ini sebelum kerusuhan. Tapi pihak keluarga tidak cerita ke orang lain. Makanya, jika ada yang alami nasib serupa, mohon segera dilaporkan,” ucapnya.

Ia mengatakan berdasarkan keterangan keluarga, Wai Koi pernah sembuh, namun ia kembali depresi hingga keluarga kembali memasungnya.

“Dinsos serius. Jadi tolong warga proaktif untuk memberikan laporan. Jangan dikurung maupun dipasung. Itu melanggar Kemensos nomor 12 tahun 2018,” tandasnya.

Kini, Wai Koi sudah dibawa oleh Dinas Sosial Kota Ambon untu menjalani perawatan di RSKD Maluku.

Artikel ini telah tayang di TribunAmbon.com dengan judul Tragis, Warga Dipasung Puluhan Tahun, Dinsos Kota Ambon Turun Tangan

https://regional.kompas.com/read/2023/09/23/174700578/puluhan-tahun-dipasung-perempuan-di-ambon-dievakuasi-diduga-depresi-setelah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke