Salin Artikel

Video Perundungan Siswa SMP Dipukuli Kakak Kelasnya Viral di Media Sosial

BUTON, KOMPAS.com - Sebuah video perundungan yang dilakukan seorang siswa SMP di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, viral di media sosial. Dalam video itu, siswa SMP memukul kakak kelasnya, Sabtu (23/9/2023).

Video yang berdurasi sekitar 30 detik ini terjadi pada Kamis (21/9/2023), di SMP Negeri 10 Buton, Desa Ambau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton.

“Awalnya ini dari bermain, namun karena terlalu deras dorongnya, sehingga terjadi saling dorong hingga terjadi seperti yang di video,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri 10 Buton, Sarlina, Sabtu (23/9/2023).

Dalam video tersebut terlihat pelaku inisial IK (14) yang merupakan kelas 8 berulang kali memukuli kepala dan menendang adik kelasnya inisial SM (13) di dalam kelas.

Beberapa siswa lain yang melihat aksi pemukulan tersebut tidak ada yang berusaha menghentikannya, malah merekam peristiwa tersebut.

Sarlina mengaku telah melakukan tindakan dengan memanggil orangtua siswa untuk berdamai.

Pelaku sudah diberikan sanksi sesuai tata tertib sekolah, bahwa yang melakukan kekerasan akan dimutasikan ke sekolah lain. 

Selain itu, pihak sekolah juga memberikan sanksi kepada siswa lainnya yang merekam aksi perkelahian tersebut. Yakni tidak mengikuti pelajaran selama seminggu atau skorsing.

Aksi video perundungan siswa SMP yang viral di media sosial, membuat Camat Lasalimu Selatan, Dayat Taslim, langsung bergerak cepat memanggil keluarga pelaku dan korban untuk didamaikan di rumah dinas camat.

“Kami prihatin dengan kejadian ini dengan segera melakukan mediasi antara keluarga pelaku dan keluarga korban termasuk keluarga yang menyebarkan video itu,” ucap Dayat.

Dayat menambahkan, dari mediasi kedua belah pihak sepakat berdamai dan saling memaafkan.

“Mereka siap menerima sanksi melalui pihak sekolah dan juga melalui pemerintah,” katanya. 

https://regional.kompas.com/read/2023/09/23/123445078/video-perundungan-siswa-smp-dipukuli-kakak-kelasnya-viral-di-media-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke