Salin Artikel

Kesal Diperas, Petani dan Warga di Brebes Arak 3 Orang Ngaku Wartawan ke Balai Desa

Sejumlah potongan video aksi itu beredar di media sosial Facebook dan grup WhatsApp.

Kepala Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes Irwan Susanto mengatakan, kejadian dalam video itu berlangsung pada Kamis (21/9/2023) malam.

Awalnya, warga kesal lantaran diperas dan diintimidasi gegara hanya menggunakan air untuk menyiram tanaman.

"Awalnya warga dipermasalahkan karena menggunakan air untuk menyiram tanaman yang berujung meminta sejumlah uang," kata Irwan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (22/9/2023).

Irwan menjelaskan, tindakan pemerasan itu bermula pada Kamis (14/9/2023). Saat itu ketiganya mendatangi rumah warga berinisial W. Mereka menyoal karena menggunakan air untuk menyiram tanaman di tengah musim kemarau.

Mereka juga mengintimidasi dan menakut-nakuti warga dengan menunjukkan aturan-aturan terkait penggunaan air saat kemarau.

"Untuk menakuti warga, mereka menunjukan pasal-pasal. Karena takut, awalnya warga itu sepakat memberikan uang Rp 4 juta," kata Irwan.

Tak puas, ketiganya kembali melancarkan aksinya pada Senin (18/9/2023). Mereka mendatangi warga lainnya berinisial S. Dengan modus yang sama, mereka meminta Rp 15 juta.

Saat itu warga S juga merasa ketakutan. Namun karena tak memilik cukup uang, menjanjikan Rp 10 juta, dan baru menyerahkan Rp 2 juta dengan sisanya akan diserahkan pada Kamis (21/9/2023).

Belakangan, menyadari merasa diperas, warga yang kesal bersama warga lainnya akhirnya mengepung dan mengaraknya menuju balai desa.

"Warga geram akhirnya dikepung lalu diarak ratusan warga ke balai desa. Pelaku kemudian diamankan ke Polsek Paguyangan," pungkas Kades Irwan.

Kepala Kepolisian Sektor Paguyangan, Brebes, AKP Sunarto menyebut kasus dugaan pemerasan itu sedang ditangani.

"Kejadian semalam itu warga mengamankan tiga wartawan karena diduga melakukan pemerasan. Sekarang lagi ditangani," kata Sunarto.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/22/210356578/kesal-diperas-petani-dan-warga-di-brebes-arak-3-orang-ngaku-wartawan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke