Salin Artikel

Di Hadapan Jokowi, KOKAM Siap Jaga dan Kawal Pemilu 2024

SOLO, KOMPAS.com - Di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Apel Akbar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), mengintruksikan untuk menjaga dan mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Apel Akbar KOKAM terbesar di Indonesia digelar di Stadion Manahan Solo, pada Rabu (20/9/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PMK Muhadjir Efendi, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir di hadapan ribuan anggota KOKAM dan warga Muhammadiyah.

Ketua Umum atau Panglima Tinggi KOKAM Zulfikar Ahmad Tawalah, mengatakan apel memiliki tema "Kesiapsiagaan Mengawal Pemilu Damai 2024" sebagai rangkaian hari jadi ke-58 KOKAM pada 1 Oktober 2024.

"Pertama, KOKAM senantiasa menjaga kekompakan, persaudaraan di segenap penjuru tanah air. Kedua, jaga netralitas dalam Pemilu 2024," kata Zulfikar di sela-sela acara.

"Ketiga, siap mengawal Pemilu 2024. Keempat, melibatkan diri secara aktif dalam upaya menjaga keberagaman dan persatuan nasional. Kelima, berpedoman pada khittah, kepribadian dan kebijakan Muhammadiyah," ujarnya.

"Keenam, siap siaga melawan politik identitas, hoaks, polarisasi dan miskomunikasi di masyarakat dan tegak lurus ke pemimpin," katanya.

Zulfikar menambahkan, pemilihan Kota Solo menjadi lokasi apel bukan karena kampung halaman Presiden Jokowi atau dipimpin Wali Kota Gibran.

Akan tetapi, karena keterikatan sejarah Muhammadiyah dengan Kota Solo.

"Kami menemukan 4 pilar kepemudaan di Kota Solo. Mempresentasikan moderenisasi keberagaman. Kota Solo juga saksi sejarah lahir dokumen risalah Islam Berkemajuan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/20/174406778/di-hadapan-jokowi-kokam-siap-jaga-dan-kawal-pemilu-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke