Salin Artikel

Bacakan Pleidoi, Selebgram Lina Mukherjee Merengek Minta Bebas

Dalam sidang dengan agenda pleidoi atau nota pembelaan, Lina yang memiliki nama asli Lina Lutfiawati ini merengek di depan majelis hakim dan meminta agar dibebaskan.

Lina mengaku tidak memiliki niat untuk membuat kegaduhan terkait video makan kulit babi tersebut.

“Saya merupakan tulang punggung keluarga, bertanggung jawab untuk membiayai sekolah adik-adik saya, dan saya juga memiliki beberapa karyawan yang harus digaji. Saya memohon kepada majelis hakim agar sekiranya dapat mempertimbangkan putusan untuk saya,”  kata Lina sambil menangis, Selasa (12/9/2023).

Lina mengaku telah menyampaikan permohonan maaf atas video ke masyarakat, baik melalui media sosial maupun media massa.

“Saya menyesal. Kalau saya inginnya bebas kembali ke dunia nyata, bisa bertemu keluarga. Tujuan konten saya itu hanya konten, tidak ada maksud untuk menghina agama,” ungkapnya.

Setelah Lina membacakan pleidoi, Ketua Majelis Hakim Roni Sianatra menutup sidang. Adapun sidang akan kembali dilanjutkan pada pekan depan.

Sementara, kuasa hukum Lina Mukherjee, Supendi, meminta agar kliennya tersebut dapat dikenakan hukuman percobaan.

Sebab, tuntutan jaksa penuntut umum dengan Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik telah dicabut dan diganti dengan KUHP baru Pasal 243. 

“Maka kami minta klien kami dihukum percobaan saja. Selain itu, dia juga sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf baik di media online maupun cetak," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel menuntut Lina dua tahun penjara.

Konten Lina dinilai telah membuat kegaduhan di masyarakat dan menimbulkan rasa kebencian individu dan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan agama.

Selain hukuman kurungan badan selama dua tahun, Lina juga diminta untuk membayar uang denda Rp 250 juta dan subsider tiga bulan penjara.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/12/154633578/bacakan-pleidoi-selebgram-lina-mukherjee-merengek-minta-bebas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke